Tips Menggunakan Ayunan Bayi yang Aman

Meita Fajriana28 Jul 2020, 07:00 WIB
Ayunan bayi

Fimela.com, Jakarta Ayunan bayi atau bouncer adalah fasilitas yang membantu para orangtua menjaga si buah hati. Namun penggunaan yang tidak tepat dan kurangnya pengawasan dapat membuat anak bisa saja terluka. Untuk itu, orangtua perlu mengetahui cara aman menggunakan ayunan bayi, mulai dari usia, hingga berat badan si kecil.

Ayunan memiliki fungsi menenangkan. Menggunakan ayunan dapat membuat bayi yang rewel menjadi tenang dan lebih mudah tertidur. Namun ada beberapa hal yang terdapat pada ayunan dapat membahayakan anak. Salah satunya tingkat kemiringannya yang biasa didesain 30 hingga 45 derajat dari vertikal. Padahal bayi baru lahir disarankan untuk ditidurkan telentang dan sejajar sehingga tidak menghambat aliran napasnya.

Sabuk pengaman juga berbahaya bagi pernapasan bayi jika digunakan tidak tepat dan terlalu ketat. Jadi sangat penting bagi bayi yang ditidurkan di ayunan untuk mendapatkan pengawasan ekstra. Jangan biarkan bayimu tertidur tanpa penjagaan di atas ayunan.

 

Cara aman menggunaakan ayunan bayi

Ayunan bayi
Simak tips menggunakan ayunan bayi yang aman bagi para orangtua./copyright shutterstock.com

Seperti dilansir dari situs Fatherly.com, Minggu (2/8/2020), berikut cara aman menggunakan ayunan pada bayi yang harus diketahui oleh para orangtua dan lingkungannya.

1. Selalu awasi bayi saat menggunakan ayunan atau bouncer, namun jangan membawa ke atas kursi atau kasur. Karena ayunan dan bouncer lebih aman berada di lantai.

2. Gunakan tali pengikat dengan erat, tetapi pastikan tali itu tidak membatasi jalan napas bayi.

3. Jangan melebihi batas berat. Jika bayi sudah dapat duduk tanpa bantuan, menggunakan bouncer atau ayunan tidak lagi aman.

4, Selalu awasi bayi.

 

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan ayunan bayi

Ayunan bayi
Simak tips menggunakan ayunan bayi yang aman bagi para orangtua./copyright unsplash.com/Minnie Zhou

Jadi, selama orang dewasa di sekitarnya bisa menjaga dan mengawasi bayi, bahaya menggunakan ayunan dapat diminimalisir. Namun, tetap saja menidurkan bayi di kasur yang rata menjadi pilihan terbaik.

Orangtua juga harus tahu kapan waktunya si kecil sudah tidak aman menggunakan ayunan lagi. Seperti bayi yang telah mengembangkan kemampuannya sehingga bisa duduk atau anak melebihi batas berat maksimal, sudah saatnya berhenti menggunakan ayunan atau bouncer. Tidak ada alasan untuk takut menggunakan ayunan, namun para orangtua harus paham betul cara menggunakannya dengan tepat, dan selalu awasi bayimu.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓