Sukses

Parenting

4 Cara Nyaman Atasi Susah Buang Air Besar pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Selain itu tubuh pun jadi rentan mengalami sejumlah masalah atau gangguan kesehatan. Salah satunya adalah gangguan pencernaan berupa susah buang air besar.

Dengan kondisi perut yang semakin membesar, kesulitan buang air besar akan membuat tubuh kesulitan beraktivitas dengan normal setiap harinya. Belum lagi dengan rasa tak nyaman pada perut yang cukup menyiksa. Mengutip laman thebump.com, sebuah penelitian dari Loyola University Medical Center menunjukkan bahwa sekitar tiga perempat perempuan mengalami konstipasi selama pada masa tertentu kehamilan. Konstipasi pun bisa meningkatkan risiko komplikasi lain seperi wasir, varises, dan prolaps uteri. Untuk mengatasi masalah susah buang air besar, ada beberapa cara yang bisa dicoba. 

1. Minum 10 Gelas Air

Dehidrasi bisa memperburuk konstipasi. Saat tubuh kekurangan air, sistem pencernaan akan melambat dan feses akan semakin keras. Untuk itu penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebelum makan atau mengonsumsi makanan berat, bisa coba awali dengan minum air putih terlebih dahulu.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat membuat proses pencernaan bekerja lebih efisien. Bahan makanan dengan kandungan serat alami seperti sayur dan buah-buahan serta roti gandum utuh dan legume bisa dikonsumsi. Brokoli, buah pir, raspberi, lentil, dan artichoke bisa dikonsumsi untuk bantu atasi masalah sulit buang air besar.

3. Jalan Kaki Sekitar 20 Menit

Olahraga ringan bisa cukup membantu melancarkan pencernaan. Bisa dengan cara jalan kaki 20 hingga 30 menit dengan kecepatan sedang untuk menstimulasi laju sistem pencernaan. Selain itu, olahraga ringan seperti jalan kaki ini juga dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan kekuatan dan ketahanan kardiovaskuler.

4. Mengonsumsi Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik seperti pada yogurt, kimchi, sauerkraut (kol asam), acar, sup miso dan bahkan tempe baik dikonsumsi ibu hamil. Makanan yang mengandung probiotik (bakteri spesiaes lactobacillus dan bifidobacterium) sangat baik menjaga pencernaan lancar karena dapat membantu proses mencerna makanan dan mendorong ampasnya keluar tubuh sehingga tubuh tidak menimbun sampah. Bila sering mengalami masalah konstipasi, bisa coba konsumsi probiotik dengan lebih rutin.

Cara-cara di atas bisa dilakukan secara rutin untuk bantu mencegah masalah pencernaan lainnya. Apabila masalah sulit buang air besar tak kunjung teratasi, segera periksakan diri ke dokter, ya. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading