Tips Sederhana Mengajarkan Anak Bertemu Teman Baru

Gayuh Tri Pinjungwati04 Agu 2020, 12:45 WIB
anak bermain

Fimela.com, Jakarta Memastikan bahwa anak belajar bagaimana mendapatka teman mungkin bukanlah hal pertama yang Mom pikirkan ketika merencanakan program pendidikan individualnya. Membantu anak-anak dengan ketidakmampuan belajar membangun keterampilan dan hubungan sosial dapat memiliki pengaruh pada kesuksesan mereka secara keseluruhan. Perhasahabatan yang kuat juga penting untuk kepercayaan diri dan rasa memiliki dari dalam diri mereka. Berikut ini adalah beberapa cara  untuk membantu anak melakukan interaksi sosial dan mendapatkan teman baru.

Ikut Serta Ekstrakulikuler

Sebagian anak dalam program pendidikan khusus tidak berpartisipasi dalam kegiatan esktrakulikuler dan mereka kehilangan kesempatan belajar keterampilan sosial yang penting ini. Bantu anak menemukan kekuatan dan minatnya untuk membantunya memilih tempat yang tepat untuk mengajarkan keterampilan sosial pada komunitas dan bergabung dengan orang lain.

 

Mengikuti Kegiatan Terorganisir

anak berinteraksi
Ilustrasi/copyrightshutterstock/imtmphoto

Anak akan mendapatkan manfaat dari belajar keterampilan sosial ketika mereka dapat berinteraksi sosial di luar lingkungan sekolah. Dengan dorongan penuh dari orangtua, bahkan anak-anak yang enggan atau pemalu dapat diajarkan keterampilan sosial melalui interaksi dengan orang lain melalui kegiatan. Banyak hubungan yang ia bangun ketika mereka dapat melakukan interaksi dengan orang lain.

Membangun Persahabatan

Ajari anak keterampilan sosial yang diperlukan untuk mengembangkan persahabatan dalam langkah-langkah kecil dan mudah. Keterampilan sosial mungkin tidak mudah didapat baginya. Cobalah meminta kepada anak untuk tersenyum dan menyapa teman-teman mereka setiap hari. Ini cukup untuk mengurangi tekanan dan memulai beberapa percakapan yang dapat membangun hubungan.

Mendorong anak untuk melakukan interaksi sosial sangatlah penting. Keterampilan ini juga diperlukan ketika mereka tumbuh dewasa kelak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓