Cara agar Anak Doyan Makan Semua Jenis Makanan ala Orangtua Prancis

Endah Wijayanti04 Agu 2020, 13:45 WIB
jadwal makan anak

Fimela.com, Jakarta Mengenalkan jenis makanan baru pada anak kadang cukup sulit dilakukan. Memastikan anak tidak pilih-pilih makanan pun bukan hal yang mudah. Sebagai orangtua, kita pun pasti ingin anak mendapatkan gizi dan nutrisi yang cukup dari makanan telah kita siapkan. Hanya saja memang butuh kesabaran agar anak mau menikmati makanan sehat yang kita sajikan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak pada berbagai jenis makanan baru. Mengutip buku Bringing Up Bébé, di Prancis, para orangtua melangkah pelan-pelan agar anak doyan dengan makanan yang diberikan. Buku panduan dari pemerintah Prancis tentang pemberian makan kepada anak-anak mengatakan semua bayi berbeda. "Beberapa bayi senang dikenalkan pada makanan baru. Bayi lain kurang begitu tertarik, dan mengenalkan mereka pada beragam jenis makanan akan membutuhkan waktu yang lebih lama." Buku panduan tersebut mendesak arang orangtua untuk tetap mengenalkan anak pada makanan baru dan tidak menyerah meski anak menolak.

Jangan Menawarkan Makanan yang Berbeda sebagai Ganti Makanan yang Ditolak

Umumnya orangtua langsung mengganti jenis makanan saat anak menolak makanan yang baru saja diberikan. Namun, orangtua Prancis mempunyai pendekatan yang agak berbeda dengan melakukannya pelan-pelan. Minta anak untuk merasakan hanya satu gigitan, lalu berlanjut ke sajian berikutnya. Orangtua sebaiknya tidak menawarkan makanan yang berbeda sebagai ganti makanan yang ditolak. Saat anak tidak mau makan sesuatu, orangtua tidak perlu panik dan sebaiknya bersikap netral. 

Tawarkan Makanan yang Sama dengan Olahan Berbeda

Laurence Pernoud, dalam bukunya J'élève Mon Enfant menjelaskan bila anak tidak mau makan artichoke misalnya, maka orangtua perlu menunggu. Beberapa hari kemudian, berikan lagi dengan menambahkan sedikit artichoke ke dalam banyak pure seperti pada pure kentang. 

Sangat disarankan untuk memberi jenis makanan yang sama dengan olahan yang berbeda. Bisa dengan dikukus, dipanggang, dimakan polos, dengan saus, atau dibumbui. Dengan cara ini, anak akan mengenal warna, tekstur, dan aroma yang berbeda. 

Ajak Anak Bicara saat Memberikan Makanan

mpasi-kezo
ilustrasi./unsplash

Saat menunjukkan satu jenis makanan baru untuk dikenalkan kepada anak, orangtua bisa memberikannya sambil berbicara. Orangtua bisa berbicara kurang lebih seperti ini, "Menurutmu apakah ini renyah, dan apakah ini akan menimbulkan suara ketika kamu menggigitnya? Rasanya mengingatkanmu akan apa? Apa yang kamu rasakan di mulutmu?" 

Bisa juga menggabungkannya dengan sedikit permainan. Seperti saat menawarkan tipe buah apel  yang berbeda, minta anak untuk menentukan apel mana yang lebih manis dan lebih asam. Orangtua perlu berbicara tentang makanan baru untuk membuat anak yakin dan mau mencobanya. 

Semua buku tentang bayi di Prancis yang dibaca oleh Pamela Druckerman penulis Bringing Up Bébé, mendesak orangtua untuk tetap tenang dan ceria saat jam makan. Yang tak kalah penting adalah tetap sesuai dengan sajian. Meski anak tetap tak makan sesuap pun, sajian tetap perlu dihidangkan. Jangan memaksa anak untuk langsung doyan makan semua jenis makanan yang disajikan, tapi juga jangan menyerah untuk menawarkan kepadanya. Saat anak sudah mau mencoba sedikit demi sedikit, pada akhirnya nanti dia akan mengapresiasinya dan mulai doyan dengan berbagai jenis makanan yang diperkenalkan. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓