4 Aktivitas Fisik dalam Ruangan yang Cocok untuk Balita

Gayuh Tri Pinjungwati07 Agu 2020, 13:45 WIB
ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Balita dikenal sangat aktif, tetapi orang tua bisa merasa kerkurangan ide dalam hal kegiatan balita. Rencanakan untuk melakukan beberapa aktivitas setiap hari dan peregangan bersama si kecil. Pedoman aktivitas fisik untuk balita adalah setidaknya 30 menit aktivitas terstruktur per hari dan setidaknya 60 menit melakukan aktivitas fisik tidak terstruktur. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan Mom di rumah bersama dengan si kecil untuk memastikan anak tetap aktif.

Petak Umpet

Beberapa balita mungkin ketakutan dengan bersembuyi atau tidak bisa menemukan Mom bersembunyi, jadi berhati-hatilah memainkan permainan ini. Bersembunyi di area yang terlihat jelas dengan kaki atau lengan yang terlihat yang mudah dilihat si kecil dapat membuatnya bermain dengan nyaman. Buatlah sedikit suara dengan berdehem atau batuk untuk membantu mereka jauh lebih mudah menemukan Mom.

Menari

Menari adalah cara terbaik dilakukan dalam beberapa aktivitas fisik. Balita secara alami cenderung menyukai musik dan menggerakkan tubuh mereka saat mendengarkan irama musik. Orangtua tidak harus fokus pada sesuatu yang terlalu terstruktur, cukup pilih tiga lagu untuk membantu anak melakukan aktivitas fisik.

Yoga dan Latihan Lainnya

aktivitas bersama anak
Ilustrasi/copyrigtshutterstock/Evgeny Atamanenko

Jika sudah melakukan beberapa jenis olahraga terorganisir di rumah seperti aerobik atau yoga, libatkan anak untuk melakukan aktivitas tersebut. Ajaklah mereka untuk melakukan pemanasan atau mungkin latihan 10 menit terakhir bersama Mom. Buatlah gerakan yoga khusus hanya untuk si kecil.

Peregangan

Ajari anak untuk melakukan peregangan setiap pagi. Ini cara yang bagus untuk melakukan beberapa aktivitas fisik. Buatlah gerakan sederhana untuk anak dan tunjukkan kepada mereka cara melakukan peregangan, dan kemudian biarkan mereka melakukannya sendiri.

Berikut tadi beberapa kegiatan fisik yang dapat dilakukan di rumah bersama dengan anak. Tentunya kegiatan fisik ini memberikan manfaat kepada si kecil. Tetap pilih kegiatan yang aman dan tetap perhatikan kegiatan dilakukan si kecil ya Mom.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓