Apakah Virus Corona Bisa Pengaruhi ASI pada Ibu Menyusui? Ini Faktanya

Febi Anindya Kirana08 Agu 2020, 15:00 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta Dalam situasi pandemi di mana kesehatan adalah hal yang paling utama untuk dijaga, ibu yang baru saja melahirkan dalam masa pandemi pasti akan khawatir bukan hanya pada kesehatannya tapi juga kesehatan bayinya.

Bagimana jika kemudian ibu mengalami gejala COVID-19 dan mengalami sakit flu berkepanjangan? Apakah tetap aman menyusui bayi dalam kondisi seperti ini?

Meski memang belum banyak penelitian yang mencari tahu tentang hal ini, namun para peneliti mengungkapkan bahwa virus corona tidak terbukti ditemukan pada air susu ibu.

Menyusui saat pandemi

ilustrasi ibu menyusui/shutterstock
ilustrasi ibu menyusui/shutterstock

Dalam dua studi kasus dari laporan ilmiah di Cina yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Clinical Infectious Diseases (Oxfod Academic) menunjukkan bahwa virus corona tidak ditemukan di dalam air susu ibu yang sakit karena COVID-19 sejak ia masih hamil di akhir trimester terakhir.

Perempuan-perempuan tersebut memiliki bayi yang sehat dan tidak mengalami infeksi virus corona. Kedua ibu tersebut juga menghindari kontak kulit dengan bayi mereka yang baru lahir dan mengisolasi diri hingga sembuh.

Tentunya ini menjadi kabar yang melegakan, meski demikian masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sampel kasus yang lebih besar untuk bisa menarik kesimpulan yang kuat.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓