5 Cara untuk Membantu Anak Menyapa Orang Lain

Gayuh Tri Pinjungwati12 Agu 2020, 12:45 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Mengajarkan anak bagaimana menyapa orang akan membantu mereka dalam pengembangan keterampilan sosial mereka. Salam, menentukan nada dari semua interaksi sosial perlu diajarkan orangtua kepada anak. Seorang anak yang secara alami pemalu atau introver dapat memperoleh manfaat dengan mengetahui bentuk yang tepat dan dapat menggunakannya dengan percaya diri. Seorang anak yang ekstrover mungkin membutuhkan struktur agar lebih sesuai dengan kondisi saat ia menyapa orang. Keterampilan ini penting ketika ia beranjak dewasa kelak. Berikut ini adalah cara untuk membantu anak belajar menyapa orang yang ada di sekitarnya.

Belajar Melakukan Kontak Mata

Melakukan kontak mata adalah bagian penting dari menyapa. Anak-anak kecil mungkin merasa malu untuk menatap mata orang lain. Ini adalah cara untuk membantu mereka merasa tidak terintimidasi. Bantu mereka untuk menyapa orang dengan melakukan kontak mata dengan orang yang ia sapa.

Bantu Mereka untuk Memberikan Informasi Secukupnya

Berikan pengarahan kepada anak sebelum masuk ke toko, perpustakaan atau tempat lain di mana anak mungkin bertemu dengan orang dan membahas beberapa hal lain yang dapat dia katakana. Katakan kepada anak, jika dia perlu menjawab seperlunya saja. Ini juga dapat mencegah mereka memberikan terlalu banyak infromasi yang mungkin mejadi masalah keamanan bagi mereka.

Bersikap Suportif dan Memberi Semangat

ajak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MIA Studio

Tindak lanjuti kembali keadaan anak segera setelah ia menyapa seseorang. Jika dia tidak dalam memberikan salam, yakinkan kepada mereka bahwa dia tahu bahwa mereka akan melakukannya dengan baik lain kali. Jika anak merasa kecil hati atau merasa dia tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar atau melakukan kesalahan, dorong dia untuk belajar dari pengalaman ini dan terapkan pada kesempatan berikutnya dia harus menyapa seseorang. Jika semuanya berjalan lancar, katakan padanya betapa bangganya Mom padanya karena menyapa seseorang adalah suatu hal yang begitu baik.

Ajarkan Anak Berjabat Tangan

Bahkan anak tanam kanak-kanak bisa menyapa seseorang dengan berjabat tangan. Lakukan permainan peran untuk membantu anak berlatih berjabat tangan dan memintanya menyambut dengan menjabat tangan dengan percaya diri. Ajari anak untuk menghadapi seseorang dengan menghadap ke orang tersebut saat menyapa.

Buatlah Hal itu Menyenangkan

Jangan lupa untuk membuat hal ini sebagai cara untuk bersenang-senang dan berhubungan dengan orang-orang daripada menampilaknnya sebagai tugas yang harus dilakukan anak-anak. Bersenang-senanglah saat sedang mengajarkan anak untuk menyapa orang, dan berikan banyak pujian ketika mereka dapat melakukan hal itu.

Melatih dan mengajarkan anak untuk menyapa orang lain akan membantu mereka untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Keterampilan ini juga dibutuhkan ketika mereka beranjak dewasa kelak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓