Sukses

Parenting

5 Tips yang dapat Dilakukan Orangtua Ketika Anak Mengabaikan Arahan

Fimela.com, Jakarta Mungkin akan membuat kesal para orangtua ketika seorang anak tidak mendengarkan arah. Anak yang mengabaikan permintaan dan instruksi orangtua adalah suatu hal yang perlu diperhatikan. Jika tidak, pengabaian permintaan atau arahan orangtua, bisa menjadi kebiasaan umum bagi anak. Apakah itu anak bersikap tidak mendengar saat Mom menyuruhnya mengambil sesuatu, sebaiknya segera ambil tindakan untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa langkah yang harus orangtua lakukan saat anak mengabaikan arahan atau instruksi dari orangtua.

Jauhkan Gangguan

Penting untuk membedakan antara pembangkangan yang disengaja dan sekedar tidak mendengar. Jika Mom berteriak kepada anak saat dia bermain video game di ruangan lain, dia mungkin terlalu asyik dengan permainanya untuk mendengar Mom memanggilnya. Jadi sebelum memberinya instruksi, singkirkan  semua gangguan itu. Matikan TV, panggil nama dan buat kontak mata. Kemudian, berikan dia arahan yang jelas yang menjelaskan apa yang diinginkan Mom.

Minta Anak untuk Mengulang Instruksi

Pastikan anak memahami apa yang Mom katakana dengan memintanya mengulang instruksi. Tanyakan dia dia mungkin memiliki pertanyaa. Jika anak dapat mengulangi kembali apa yang seharusnya dia lakukan, Mom akan tahu bahwa harapan Mom sudah jelas.

Berikan Konsekuensi

Tunggu beberapa saat setelah Mom memberikan peringatan. Jika anak tidak berusaha melakukan apa yang diminta oleh orangtua, berikan dia konsekuensi. Cobalah untuk mengambil hak istimewa, seperti mengambil mainan favoritnya. Pastikan Mom mengambil hak istimewa itu untuk waktu yang singkat. Mengancam untuk membuang tabletnya ke tempat sampah sepertinya tidak akan memperbaiki perilakunya. Alih-alih, singkirkan barang elektronik untuk sisa hari itu.

Buat Rencana untuk Mengatasi Masalah

Jika anak sering mengabaikan permintaan, biat rencana untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi beberapa anak dengan pujian dan perhatian positif atas perilaku yang baik sudah cukup untuk memotivasi mereka untuk terus bekerja dengan baik.

Hindari Perilaku yang Mendorong Anak untuk Mengabaikan

Terkadang orang tua secara tidak sengaja melatih anak untuk mengabaikannya. Berteriak, mengomel dan mengemis adalah beberapa hal yang akan menyebabkan anak mengabaikan arahan orangtua. Memberikan arahan yang terlalu panjang dan terlalu banyak memberi perintah juga akan menyebabkan anak berhenti mendengarkan. Patuhi satu peringatan, karena peringatakan berulang akan mengajari anak bahwa dia tidak perlu mendengarkan saat pertama kali orangtua berbicara.

Nada dan kata-kata yang kasar bisa memengaruhi perilaku anak ketika mendapatkan arahan dari orangtua. Perlu untuk memberikan arahan yang tegas namun tetap memiliki sisi kehalusan yang membuat anak lebih menurut dan mau melakukan apa yang dikatakan orangtua.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading