Sukses

Parenting

Setelah 32 tahun dengan Lebih dari 300 Petunjuk Palsu, Korban Penculikan Anak Berhasil Ditemukan

ringkasan

  • Li Jingzhi menghabiskan lebih dari tiga dekade mencari putranya, Mao Yin, yang diculik pada 1988 dan dijual.
  • Kemudian pada 10 Mei tahun ini, dia mendapat telepon dari Biro Keamanan Umum Xi'an dengan berita luar biasa, "Mao Yin telah ditemukan

Fimela.com, Jakarta Li Jingzhi menghabiskan lebih dari tiga dekade mencari putranya, Mao Yin, yang jadi korban penculikan pada 1988 dan dijual. Dia hampir putus asa untuk bisa bertemu dengannya kembali, tetapi pada bulan Mei 2020 dia akhirnya mendapat telepon yang telah dia tunggu-tunggu dalam hidupnya.

Mao Yin adalah anak satu-satunya dari pasangan tersebut. Sebelum penculikan terjadi, Jingzhi bekerja di sebuah perusahaan pengekspor biji-bijian dan pada saat panen dia harus meninggalkan kota selama beberapa hari untuk mengunjungi pemasok di pedesaan.  

Melansir BBC.com, permasalahan dimulai ketika, Jia Jia panggilan sang anak, akan tinggal di rumah bersama ayahnya. Namun tiba-tiba dia menerima pesan dari majikannya yang menyuruhnya segera kembali. "Saat itu, telekomunikasi belum terlalu maju. Jadi yang saya dapatkan hanyalah sebuah telegram dengan enam kata di atasnya: 'Darurat di rumah; segera kembali.'  Saya tidak tahu apa yang terjadi," paparnya. 

Akhirnya, dia bergegas kembali ke Xi'an tempatnya tinggal di China. Lalu, seorang manajer memberikan kabar bahwa buah hatinya menjadi korban penculikan yang menghancurkan hatinya. 

"Pemimpin kami mengatakan satu kalimat: 'Putramu hilang. Pikiranku menjadi kosong. Kupikir mungkin dia tersesat. Tidak terpikir olehku bahwa aku tidak akan dapat menemukannya,” ujar kata Jingzhi.  

 

Di tahun 1988

Saat itu Oktober 1988, dan Jia Jia berusia dua tahun delapan bulan. Suami Jingzhi menjelaskan bahwa dia telah menjemput Jia Jia dari taman kanak-kanak dan berhenti dalam perjalanan pulang untuk mengambilkan air minum dari sebuah hotel kecil milik keluarga tersebut.  

Dia telah meninggalkan anak itu hanya satu atau dua menit untuk mendinginkan air, dan ketika dia berbalik, Jia Jia telah hilang. Jingzhi mengira dia akan segera ditemukan. 

"Saya pikir mungkin anak saya tersesat dan tidak dapat menemukan jalan pulang dan orang-orang yang baik hati akan menemukannya dan membawanya kembali kepada saya," katanya.

Tetapi ketika seminggu telah berlalu, dan tidak ada yang membawanya ke kantor polisi, dia tahu situasinya serius. Dia mulai bertanya apakah ada yang melihat Jia Jia di sekitar hotel. Dia mencetak 100.000 selebaran dengan foto anaknya dan membagikan selebaran di sekitar stasiun kereta hingga halte bus Xi'an. Ia juga memasang iklan orang hilang di surat kabar lokal.  Semuanya tidak berhasil.

“Hati saya sakit ... Saya ingin menangis.  Saya ingin berteriak, Saya merasa seolah-olah hati saya telah dikosongkan,” kata Jingzhi. 

Dia akan menangis ketika dia melihat pakaian milik buah hatinya yang hilang, sepatu kecilnya dan mainan yang biasa dia mainkan.

Perdagangan anak

Pada saat itu, Jingzhi tidak menyadari bahwa perdagangan anak merupakan masalah di Tiongkok. Kebijakan satu anak telah diperkenalkan pada tahun 1979 dalam upaya untuk mengendalikan jumlah penduduk China yang berkembang pesat dan mengentaskan kemiskinan.  Pasangan yang tinggal di kota hanya bisa punya satu anak, sedangkan di pedesaan bisa punya anak kedua jika yang pertama perempuan.

Pasangan yang menginginkan seorang anak laki-laki untuk meneruskan nama keluarga dan merawat mereka di usia tua tidak dapat lagi terus berusaha untuk mendapatkan seorang anak laki-laki;  mereka akan menghadapi denda yang berat dan tambahan anak-anak mereka akan ditolak dari tunjangan sosial.

Kebijakan tersebut diyakini berkontribusi pada peningkatan jumlah penculikan anak, terutama anak laki-laki.  Tapi Jingzhi tidak tahu apa-apa tentang ini.

“Kadang di TV ada pemberitahuan tentang anak hilang, tapi saya tidak pernah menyangka mereka diculik dan dijual. Saya hanya mengira mereka hilang,” katanya.

Naluri pertamanya, saat mengetahui tentang hilangnya Jia Jia, adalah menyalahkan suaminya.  Kemudian dia menyadari bahwa mereka harus bekerja sama untuk menemukan putra mereka.  Namun, seiring berjalannya waktu, obsesi mereka membuat mereka jarang membicarakan hal lain, dan setelah empat tahun mereka bercerai.

Tapi Jingzhi tidak pernah berhenti mencari. Setiap Jumat sore ketika dia selesai bekerja dia akan naik kereta api ke provinsi sekitarnya untuk mencari Jia Jia, pulang pada Minggu malam siap untuk kembali bekerja pada Senin pagi.

Kapanpun dia mendapat petunjuk - berita tentang seorang anak laki-laki yang mirip Jia Jia, mungkin - dia akan pergi dan menyelidiki.

Pada satu perjalanan yang lebih lama dari biasanya di tahun yang sama ketika Jia Jia menghilang, dia naik bus jarak jauh ke kota lain di Shaanxi, dan kemudian naik bus ke pedesaan untuk mencari pasangan yang dikatakan telah mengadopsi seorang anak laki-laki dari Xi  'seorang yang terlihat seperti Jia Jia.  Tetapi setelah menunggu sampai malam sampai para penduduk desa kembali dari ladang, dia mengetahui bahwa pasangan itu telah membawa anak laki-laki itu ke Xi'an.  Jadi dia bergegas kembali lagi, tiba pada dini hari.

Kemudian dia menghabiskan berjam-jam mencari flat yang disewa pasangan itu, hanya untuk mengetahui dari pemiliknya bahwa mereka telah pergi dua hari sebelumnya ke kota lain.  Jadi dia bergegas ke kota itu dan ketika dia sampai di sana, lagi pada malam hari, menghabiskan berjam-jam pergi dari satu hotel ke hotel lain, mencoba melacak mereka.  Ketika akhirnya dia menemukan hotel yang tepat, pasangan itu sudah check-out.

Bahkan kemudian dia tidak menyerah. Meskipun sekarang sudah tengah malam lagi, dia pergi ke kota lain untuk mencari orangtua suaminya, tetapi pasangan itu tidak ada di sana.  Dia ingin langsung pergi ke kota asal istrinya, tetapi pada tahap ini dia telah pergi lebih dari dua hari tanpa tidur yang nyenyak atau makanam layak.

Setelah beristirahat, dia berangkat dan menemukan wanita dan anaknya.  Tapi yang membuatnya sangat kecewa, anak itu bukanlah putranya.

 "Saya pikir pasti anak ini adalah Jia Jia. Saya sangat kecewa. Itu berdampak besar pada saya. Setelah itu, saya terus mendengar suara anak saya. Ibu saya khawatir saya akan mengalami gangguan mental," kata Jingzhi.

Putranya adalah hal pertama yang dia pikirkan ketika dia bangun setiap pagi, dan di malam hari dia bermimpi dia menangis "Mama, mama!"  - seperti yang dia lakukan sebelumnya, setiap kali dia meninggalkan sisinya.

Sekitar waktu ini, Jingzhi menyadari ada banyak orangtua yang anaknya hilang, tidak hanya di Xi'an tetapi lebih jauh, dan dia mulai bekerja dengan mereka.  Mereka membentuk jaringan yang menjangkau sebagian besar provinsi di Cina.  Mereka saling mengirim kantong besar selebaran dan menempelkannya di provinsi yang menjadi tanggung jawab mereka.

 Jaringan tersebut juga menghasilkan lebih banyak petunjuk, meskipun sayangnya tidak ada yang membawa Jia Jia lebih dekat.  Secara keseluruhan, Jingzhi mengunjungi 10 provinsi di China dalam pencariannya.

Ketika putranya telah hilang selama 19 tahun, Jingzhi mulai bekerja sukarela dengan situs web, Baby Come Home, yang membantu menyatukan kembali keluarga dengan anak-anak mereka yang hilang.

 "Saya tidak lagi merasa kesepian. Ada begitu banyak sukarelawan yang membantu kami menemukan anak-anak kami - saya merasa sangat tersentuh oleh ini," kata Jingzhi.  Ada manfaat lain juga: "Saya pikir bahkan jika anak saya tidak ditemukan, saya dapat membantu anak-anak lain menemukan rumah mereka."

Tahun 2009

Kemudian pada tahun 2009, pemerintah China membuat database DNA, di mana pasangan yang kehilangan seorang anak dan anak-anak yang dicurigai diculik dapat mendaftarkan DNA mereka.  Ini adalah langkah maju yang besar, dan telah membantu menyelesaikan ribuan kasus.

 Sebagian besar anak hilang yang didengar Jingzhi adalah laki-laki.  Pasangan yang membelinya tidak memiliki anak, atau memiliki anak perempuan tetapi tidak memiliki anak laki-laki, dan kebanyakan dari mereka berasal dari pedesaan.

Melalui pekerjaannya dengan Baby Come Home dan organisasi lain selama dua dekade terakhir, Jingzhi telah membantu menghubungkan 29 anak dengan orangtua mereka.  Dia mengatakan sulit untuk menggambarkan perasaan yang dia alami ketika dia menyaksikan reuni ini.

Namun, ada saat-saat dia hampir kehilangan harapan.

 "Setiap kali petunjuk ternyata bukan apa-apa, saya merasa sangat kecewa," katanya.  "Tapi aku tidak ingin terus merasa kecewa. Jika aku terus merasa kecewa, akan sulit bagiku untuk tetap hidup. Jadi aku mempertahankan harapan untuk terus hidup."

Bertemu sang anak

Kemudian pada 10 Mei tahun ini, dia mendapat telepon dari Biro Keamanan Umum Xi'an dengan berita luar biasa: "Mao Yin telah ditemukan."Saya tidak berani percaya itu nyata," kata Jingzhi.

Pada bulan April, seseorang telah memberinya petunjuk tentang seorang pria yang diambil dari Xi'an beberapa tahun yang lalu.  Orang itu memberikan gambar anak laki-laki ini saat dewasa.  Jingzhi memberikan gambar itu kepada polisi, dan mereka menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mengidentifikasi dia sebagai seorang pria yang tinggal di Kota Chengdu, di provinsi tetangga Sichuan, sekitar 700 km jauhnya.

Polisi kemudian meyakinkannya untuk melakukan tes DNA.  Pada 10 Mei hasilnya kembali sebagai pertandingan. Minggu berikutnya, polisi mengambil sampel darah untuk melakukan putaran baru tes DNA dan hasilnya membuktikan tanpa keraguan bahwa mereka adalah ibu dan anak.

"Saat saya mendapatkan hasil DNA itulah saya benar-benar yakin bahwa putra saya benar-benar telah ditemukan," kata Jingzhi.

Setelah 32 tahun dan lebih dari 300 petunjuk palsu, pencarian akhirnya berakhir. Senin 18 Mei dipilih sebagai hari reuni mereka.  Jingzhi gugup.  Dia tidak yakin bagaimana perasaan putranya tentang dia. 

"Sebelum pertemuan, saya memiliki banyak kekhawatiran. Mungkin dia tidak akan mengenali saya, atau tidak menerima saya, dan mungkin di dalam hatinya dia telah melupakan saya. Saya sangat takut ketika saya pergi untuk memeluk anak saya,  anak saya tidak mau menerima pelukan saya. Saya merasa itu akan membuat saya merasa lebih sakit hati, bahwa anak yang saya cari, selama 32 tahun, tidak mau menerima cinta dan pelukan yang saya berikan padanya, "kata Jingzhi.

Karena sering tampil di televisi untuk membicarakan masalah kehilangan anak, kasusnya menjadi terkenal dan media heboh memberitakannya. Pada hari reuni, China Central Television (CCTV) menyiarkan siaran langsung yang menunjukkan Jia Jia berjalan ke ruang upacara di Biro Keamanan Umum Xi'an, berteriak "Ibu!"  saat dia berlari ke pelukannya.  Ibu, putra dan ayah semuanya menangis bersama

"Persis seperti itulah dia dulu berlari ke arahku ketika dia masih kecil," kata Jingzhi.

Jingzhi kemudian mengetahui bahwa Jia Jia telah dijual kepada pasangan tanpa anak di provinsi Sichuan seharga 6.000 yuan satu tahun setelah dia diculik.  Orangtua angkatnya mengganti namanya menjadi Gu Ningning dan membesarkannya sebagai anak tunggal mereka.

Dia bersekolah di sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi di kota Chengdu.  Ironisnya, dia telah melihat Jingzhi di televisi beberapa tahun sebelumnya, dan mengira dia adalah orang yang ramah.  Dia juga mengira foto putranya yang dia tunjukkan tampak seperti dia ketika dia masih kecil. 

 

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading