Tahapan Perkembangan Bayi 8 Bulan, Apa Saja?

Anisha Saktian Putri14 Sep 2020, 16:00 WIB
Ilustrasi ibu dan bayi

Fimela.com, Jakarta Setiap usia, perkembangan bayi akan berbeda-berbeda. Mulai dari anak bisa makan, berbicara hingga berjalan.

Nah bagaimana jika anak sudah mulai memasuki usia 8 bulan? Pada umumnya, bayi umur 8 bulan sudah mulai berdiri dengan bantuan. Biasanya ia akan memegang benda untuk membantunya berdiri.

Selain itu, perkembangan bayi 8 bulan bisa dilihat perminggu, melansir babycenter.com.

Minggu pertama

Merangkak

Bayi akan merangkak (mendorong dirinya sendiri di sekitar perutnya), atau bergerak dengan menyeret pantat menggunakan tangan di belakangnya dan satu kaki di depannya untuk mendorong dirinya sendiri.

Merayap adalah metode pertama bayi untuk bergerak sendiri secara efisien. Biasanya, pertama-tama dia akan belajar menarik diri dengan tangan, lalu berdiri dengan tangan dan lutut. Kemudian dia akan mencari cara untuk bergerak maju dan mundur dengan mendorong dengan lututnya.

Semua variasi merangkak ini memperkuat otot-otot yang akan segera memungkinkannya berjalan.

Minggu kedua

Mengeksploraso Objek

Memasuki minggu ke dua, bayi sekarang menjelajahi benda-benda dengan mengguncangnya, membenturkannya, menjatuhkannya, dan melemparkannya. Jadi pusat aktivitas dengan banyak hal yang dapat dilakukan bayi dengan menggedor, menyodok, memelintir, meremas, menggoyangkan, menjatuhkan, dan membuka.

Minggu ketiga

kepribadian anak
ilustrasi anak bayi/Photo by __ drz __ on Unsplash

Melihat dengan jelas

Penglihatan bayi, sebelumnya paling baik sekitar 20/40, namun memasuk usia delapan bulan penglihatan anak seperti orang dewasa dalam persepsi kejernihan dan kedalamannya. Meskipun penglihatan jarak pendek bayi masih yang terbaik, penglihatan jarak jauhnya cukup baik untuk mengenali orang dan benda di seluruh ruangan. Dia mungkin melihat mainan di sisi lain ruangan dan mencoba merangkak ke arahnya. Matanya juga mungkin mendekati warna terakhirnya.

Aktif menggunakan tangannya

Bayi mungkin mulai mencari benda yang jatuh dan mungkin menggunakan jari telunjuknya untuk menunjuknya. Dia dapat dengan mudah menggunakan jarinya untuk mengambil sepotong makanan dan memegangnya dengan erat, dan dia belajar membuka tangannya untuk menjatuhkan dan melempar benda.

Minggu ke empat

Hampir berjalan

Bayimu mendekati untuk berjalan sepenuhnya. Dia mungkin bisa merangkak menaiki tangga, bergerak tegak sambil berpegangan pada furnitur. Seorang bayi seusia ini bahkan dapat mengambil beberapa langkah.

Bayi juga belajar cara menekuk lutut dan cara duduk setelah berdiri.

Kemampuan Bicara

Bayi 8 bulan sudah dapat merespons kata-kata yang sering dia dengar. Pada usianya ini, bisa jadi dia sudah dapat mengucapkan sebuah kata dengan benar yang ditujukan untuk menyebut seseorang atau sesuatu yang dia inginkan, seperti ‘mama’ atau ‘papa’.

Untuk merangsang perkembangan bahasanya, ajak dia untuk berkomunikasi.

 

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓