6 Tips Membuat Anak Fokus Belajar Jarak Jauh

Annissa Wulan06 Okt 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2020, 10:00 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Proses belajar jarak jauh memiliki tantangan tersendiri, terutama bagi anak. Mereka cenderung akan mudah gelisah ingin pembelajaran cepat selesai, mengalaminya?

Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa tips membuat anak fokus belajar jarak jauh. Penasaran?

1. Ketahui apa artinya memperhatikan

Sebelum kamu sebagai orangtua juga merasa cemas, pastikan kamu memahami terlebih dahulu apa yang disebut sebagai memperhatikan. Bicarakan dengan anak apa arti sebenarnya dari memperhatikan, apakah kamu mengharapkan anak mendengarkan dengan jelas, atau pandangan yang tertuju pada pembicara, atau jangan bicara sembarangan, atau apa?

2. Membuat ruang belajar yang nyaman

Jadikan sebuah ruang di rumah menjadi ruang belajar yang nyaman, bebas dari gangguan telepon dan TV. Serta konsisten, karena konsistensi adalah kunci pembelajaran di rumah, memberi sinyal pada anak bahwa ini saatnya untuk belajar.

 

 

3. Membiarkan anak gelisah

ibu dan anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Dragon Images

Tidak masalah untuk membiarkan anak mulai gelisah ketika belajar jarak jauh. Berikan gerakan-gerakan yang bisa membuat anak tetap fokus belajar dan memperhatikan.

4. Menemukan penempatan terbaik untukmu

Sebagai orangtua akan lebih sulit untuk menempatkan diri, apakah kamu harus berada di dekat anak ketika mereka belajar jarak jauh. Beberapa anak akan belajar dengan lebih baik ketika orangtuanya dekat, namun beberapa lainnya akan lebih baik dan merasa lebih bebas ketika kamu hanya memeriksanya sesekali saja.

5. Bicara dengan guru anak

anak dan ibu
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MIA Studio

Bicaralah lebih sering dengan guru anak. Ini akan membantu guru mengenal anak dengan lebih baik dan memperkuat gagasan bahwa belajar jarak jauh adalah pekerjaan tim.

6. Jangan menghukum anak

Hindari menghukum anak jika menemukan mereka kesulitan. Sebaliknya, pujilah hal-hal kecil yang mereka berhasil lakukan dan dorong anak untuk terus meraih lebih banyak hal.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓