Sukses

Parenting

Rekomendasi Olahraga Sederhana yang Bisa Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada anak, agar anak tidak mudah terserang penyakit. Olahraga rutin juga bisa membantu masa pertumbuhan anak sejak dini.

Kebiasaan hidup sehat seperti olahraga ini sangat wajib diajarkan kepada sejak dini. Karena selain bisa membantu masa pertumbuhan dan menguatkan fisik anak, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri, mengatur suasana hati, berkomitmen dan berkomunikasi.

Tentu saja ada beberapa olahraga yang mudah, yang bisa dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama, namun sangat menyenangkan jika dilakukan oleh anak. Berikut rekomendasi olahraga sederhana yang bisa diajarkan ke anak sejak dini, dilansir dari Brilio.net:

Bersepeda

Baru-baru olahraga bersepeda sangat sedang digemari. Olahraga bersepeda ini sangat baik untuk kesehatan. Olahraga ini sangat mudah untuk diajar kepada anak. Olahraga bersepeda ini bisa membantu anak belajar untuk seimbang.

Untuk melatih keseimbangan anak, sepeda kecil bisa dimodifikasi dengan menggunakan roda 3 atau roda 4, agar anak tidak jatuh saat mengayuh sepeda. Semakin anak besar, maka harus diajari bersepeda dengan roda 2.

Lompat Tali

Olahraga yang selanjutnya adalah lompat tali. Lompat tali ini sangat mudah dilakukan oleh anak-anak yang mulai masuk sekolah dasar. Olahraga ini menggunakan teknik lompatan dan menggunakan media tali.

Sahabat Fimela bisa menggunakan tali yang khusus untuk lompat tali, atau membuat tali menggunakan karet yang disusun panjang. Olahraga yang satu ini bisa membantu mengontrol berat badan dan membuat anak cepat tinggi.

Berenang

Olahraga berenang merupakan jenis olahraga yang menyenangkan bagi si kecil. Karena saat melakukan olahraga renang, anak bisa bermain dengan air di kolam renang. Sebenarnya sejak bayi, bayi sudah bisa berenang dengan pelampung.

Olahraga berenang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk anak, yaitu bisa membuat anak tinggi lebih cepat, postur tubuh menjadi lebih baik dan bisa membantu menguatkan sistem imun. Tetapi olahraga ini lebih baik dilakukan seminggu satu kali saja.

Sepak Bola

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki anak laki-laki, akan sangat menyenangkan bagi anak jika diajarkan olahraga sepak bola sejak dini. Olahraga sepak bola ini bisa diajarkan anak mulai usia sekolah dasar. Bahkan ada juga sekolah khusus sepak bola untuk anak.

Sepak bola ini memiliki banyak manfaat, yaitu bisa membantu anak lebih lincah, pintar mengatur stratrgi, berkomunikasi, bekerja dalam tim dan tentunya membuat sistem kekebalan tubuh pada anak lebih kuat.

Lari

Rekomendasi olahraga terakhir yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini, yaitu bisa diajarkan olahraga jenis lari. Sudah semestinya anak-anak suka berlari-larian dan kejar-kejaran, entah bersama teman atau dengan keluarga.

Olahraga lari ini bisa membantu memgajarkan kecepatan kepada anak, menjaga sistem imunitas tubuh, menyehatkan jantung dan bisa membantu merubah suasana hati menjadi baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading