5 Rekomendasi Makanan Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi

Imelda Rahma19 Sep 2020, 12:45 WIB
Diperbarui 19 Sep 2020, 12:45 WIB
Ibu

Fimela.com, Jakarta Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan terbaik untuk bayi, itulah alasannya mengapa bayi yang baru lahir tidak diperkenankan mengonsumsi makanan lain selain ASI. Oleh karena itu, untuk mendukung masa menyusui seorang ibu, kualitas ASI perlu dijaga. Hal ini karena ada beberapa kasus para ibu yang sulit mengeluarkan ASI hingga proses menyusui tidak berjalan maksimal.

Beberapa kendalanya ialah seperti ASI yang dikeluarkan hanya sedikit bahkan ada yang tidak bisa keluar sama sekali. Melihat kondisi itu, maka para ibu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Kualitas ASI bisa ditingkatkan melalui asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Andalan para ibu muda yang baru saja melahirkan untuk yang pertama kali biasanya akan menggunakan daun katut untuk memperlancar ASI. Katuk memang sudah terkenal ampuh memperlancar ASI. Namun tak hanya katuk, ada makanan pelancar ASI selain katuk yang punya nutrisi baik untuk menjaga kualitas ASI.

Maka dari itu, para ibu sebaiknya tahu informasi makanan apa saja yang juga bisa meningkatkan kualitas ASI untuk menyusui. Dilansir dari Liputan6.com, kali ini Fimela.com akan membagikan informasi 5 rekomendasi makanan pelancar ASI yang kaya nutrisi. Simak semua rekoemndasinya berikut ini. 

Bayam

Bayam
Ilustrasi Bayam Credit: unsplash.com/Louis

Rekomendasi makanan pelancar ASI yang pertama ialah bayam. Bayam mempunyai kandungan zat besi yang tinggi serta berguna untuk memengaruhi pembuatan ASI. Jika ibu menyusui kekurangan zat besi maka produksi ASI pun akan rendah sehingga bayi tidak dapat menyusui secara maksimal.

Oleh karena itu, jika para ibu merasa produksi ASI sedikit, maka disarankan untuk rajin mengonsumsi sayuran ini. Selain bayam, ada beberapa makanan dengan sumber zat besi seperti daging merah, kacang-kacangan, buncis, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Wortel

Wortel
Ilustrasi Wortel Credit: pexels.com/Mali

Berikutnya, rekomendasi makanan pelancar ASI yang kedua ialah wortel. Termasuk dalam jenis sayur-sayuran, wortel ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Adanya kandungan vitamin A pada wortel berfungsi baik sebagai booster sekaligus meningkatkan kualitas ASI.

Untuk penyajiannya, wortel bisa dihidangkan dalam bentuk makanan ataupun minuman. Contohnya, ibu bisa membuat sayur berbahan dasar wortel atau menjadikannya jus wortel yang kaya nutrisi. Dianjurkan untuk mengonsumsi wortel setidaknya satu kali dalam sehari agar produksi ASI semakin lancar.

Kacang Hijau

Kacang Hijau
Ilustrasi kacang Hijau Credit: pexels.com/Icon

Ketiga, rekomendasi makanan yang juga berkhasiat untuk memperlancar ASI ialah kacang hijau. Dalam kacang hijau, terdapat kandungan vitamin B1, magnesium, zat besi, dan kalium yang bisa dijadikan sebagai alternatif lain untuk meningkatkan jumlah ASI. Seluruh zat gizi yang terdapat dalam kacang hijau tersebut sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui.

Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi 6-11 takar biji-bijian yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral untuk mencegah konstipasi. Untuk penyajiannya, kacang hijau bisa dijadikan dalam bentuk bubur, dimakan langsung, atau dibuat jus.

Buah Pepaya

Buah Pepaya
Ilustrasi Buah Pepaya Credit: pexels.com/alleksana

Tidak hanya sayuran, buah juga bisa menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI. Salah satu buah yang berkhasiat untuk memperlancar ASI ialah buah papaya. Buah papaya yang mengandung galactagogue ini telah dikenal sebagai ASI booster atau pelancar ASI.

Selain buahnya, bunga pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ASI. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim papain yang sangat berguna untuk mempercepat proses pencernaan protein. Enzim papain ini juga mampu memecah protein, terutama saat menyusi dibutuhkan sekitar dua kali lipat protein dibandingakan kebutuhan normal.

Daging Ikan Salmon

Daging Ikan Salmon
Ilustrasi Daging Ikan Salmon Credit: pexels.com/Valeria

Terakhir, rekomendasi makanan yang berfungsi untuk memperlancar ASI ialah daging ikan salmon. Perlu diketahui bahwa daging ikan salmon memiliki protein tinggi yang mengandung asam lemak esensial dan omega 3. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu ibu menyusui menghasilkan ASI berlimpah.

Manfaat mengonsumsi ikan salmon pada ibu menyusui ini juga akan memberikan pengembangan sistem saraf untuk bayi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan DHA. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kadar DHA pada ASI ibu semakin tinggi, bisa dengan mengonsumsi ikan salmon.

Lanjutkan Membaca ↓