4 Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak saat di Rumah

Anisha Saktian Putri22 Sep 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 15:30 WIB
Sakit gigi anak

Fimela.com, Jakarta Sakit gigi sangat menyiksa, terutama pada anak-anak. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari mulai tumbuh gigi, gigi berlubang, serta gusi bengkak.

Gigi yang sedang sakit tentu harus segera diatas agar si kecil tidak rewel dan menggangu aktivitas. Orang tua dapat membawanya ke Dokter Gigi. Namun, dalam kondisi darurat orang tua dapat mengatasi sakit gigi anak di rumah.

1. Kumur dengan air hangat

Siapkan segelas air hangat, biarkan si kecil berkumur beberapa menit, dan tunggu khasiatnya segera. Bisa juga air hangat ditambahkan air garam untuk hasil lebih maksimal.

2. Gunakan peppermint

Melansir, childrensedationdentist.com, Peppermint adalah pereda nyeri tradisional yang umumnya aman dan salah satu obat sakit gigi terlezat untuk anak-anak. Kantong teh peppermint murni yang baru digunakan, setelah dibiarkan mendingin secara alami atau selama beberapa menit di dalam freezer, dapat diletakkan di antara pipi dan gusi untuk memberikan kompres pereda nyeri.

Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga berfungsi dengan baik, tetapi hindari ekstrak peppermint karena kandungan alkoholnya yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan iritasi atau, dalam kasus anak-anak yang sensitif terhadap alkohol.

3. Bawang putih

ilustrasi manfaat mengonsumsi bawang putih mentah agar tidak mudah terserang penyakit/Nick Collins/pexels
ilustrasi manfaat mengonsumsi bawang putih mentah agar tidak mudah terserang penyakit/Nick Collins/pexels

Kebanyakan anak tidak akan menyukai obat ini, tetapi efektif. Bawang putih dikenal dengan manfaat kesehatan secara umum, termasuk sifat antibakterinya.

Cukup haluskan satu atau dua siung bawang putih (dan sedikit garam jika diinginkan), buat pasta. Gunakan kapas untuk mengoleskan pasta ini ke gigi yang sakit.

4. Kompres pipi dengan air dingin

Bisa mencoba untuk mengompres pipi si kecil dengan air dingin atau air es. Beberapa orang juga mencoba untuk membungkus es batu dan menempelkannya di pipi.

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓