7 Daftar Keperluan Bayi Baru Lahir yang Penting untuk Dipersiapkan

Anisha Saktian Putri23 Sep 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 17:00 WIB
Doa agar Anak Dijauhkan dari Hal Buruk

Fimela.com, Jakarta Bagi orangtua baru, menyiapkan perlengkapan bayi sangat menyenangkan. Apalagi ketika sudah mengetahui jenis kelamin sang buah hati, belanja kelengkapan bayi semakin semangat dengan memilih warna hingga motif.

Namun saking senangnya, terkadang ada barang-barang yang terlupakan untuk dibeli. Atau bahkan  membeli barang yang ujung-ujungnya malah tak terpakai.

Untuk itu, sebelum membeli ada baiknya membuat daftar barang yang dibutuhkan bayi. Nah berikut beberapa daftar penting apa saja yang harus dilengkapi, melansir verywellfamily.com.

1. Pakaian

Meskipun mungkin ingin beberapa pakaian lucu untuk menunjukkan penampilan si kecil, namun sebaiknya tetap berpegang pada pakaian sederhana, polos, dan ramah anggaran tidak masalah.

Sebaiknya jangan membeli terlalu banyak pakaian baru lahir karena bayi akan tumbuh lebih besar dengan kecepatan kilat.

Pakaian lembut untuk bayi, sediakan pakaian lengan pendek dan panjang. Atau bisa juga Jumper. Celana pendek dan panjang, kaus kaki dengan bahan yang nyaman, sarung tangan, bib dan topi bayi.

2. Popok

Beli popok, bisa kain atau sekali pakai. Namun pastikan bahan popok tidak membuat iritasi. Jangan lupa untuk membeli krim ruam popok.

3. Perlengkapan mandi

Ilustrasi bayi
Ilustrasi bayi (Photo by Jenean Newcomb on Unsplash)

Handuk khusus bayi yang memiliki penutup kepala, spons bayi, sabun, lotion, shampo, dan bak mandi bayi wajib dipersiapkan. Perlu diingat, memilih produk bayi harus khusus untuk bayi. Karena kulit bayi masih sensitif.

4. Perawatan bayi

Gunting kuku bayi, termometer digital, aspirator hidung, minyak telon, kain kasa untuk pusar, dan tisu basah harus tersedia begitu bayi sampai di rumah.

5. Perlengkapan tidur

Tempat tidur bayi, seperti keranjang bayi, co-sleeper, atau tempat tidur aman lainnya untuk bayi. Pastikan memenuhi standar keselamatan.

Penutup box bayi, selimut bayi, sprei yang aman untuk bayi, dan perlak atau alas kedap air menjadi pelengkap yang fungsional.

6. Persedian makanan

Walau pun ASI, ada hal yang perlu disiapkan seperti bantalan menyusui, pompa ASI, botol ASI, hingga sikat botol juga harus dimiliki. Alat penghangat susu, plastik ASI untk menyimpan ASIP juga jangan ketinggalan ya.

7. Perlengkapan lainnya

Hal yang dibutuhkan lainnya misalnya, gendongan bayi senyamannya, stroller bayi, kaca mata untuk anak berjemur, hingga kursi khusus bayi di mobil. Terutama bila bayi akan kerap pergi bersama ibu setiap saat.

 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓