Tips Menikmati Akhir Pekan dengan Melukis Masker

Gayuh Tri Pinjungwati26 Sep 2020, 18:20 WIB
Diperbarui 26 Sep 2020, 18:27 WIB
workshop melukis masker

Fimela.com, Jakarta Peningkatan jumlah kasus positif corona kini telah semakin meningkat di sejumlah negara. Oleh karena itu, sangat disarankan dan diwajibkan bagi setiap orang untuk mengenakan masker. Mengenakan masker kini menjadi kebiasaan sehari-hari untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona.

Terkadang kita masih saja menemui sebagian orang yang masih enggan menggunakan masker. Padahal ini sangat penting untuk dilakukan guna mencegah penyebaran virus. Nah, agar masker terlihat begitu menarik untuk dipakai, salah satunya dengan membuat gambar dengan media masker. Sahabat Fimela bisa menghabiskan waktu akhir pekan dengan membuat gambar lucu dan unik sesuai dengan karkater yang diinginkan dengan melukis masker.

Untuk tips mengisi akhir pekan ini, Leka Putra membagikan cara melukis masker di acara Pesta Rakyat Simpedes BRI. Ia membagikan tipsnya dalam workshop singkat “Art and Craft: Kelas Melukis Masker” yang digelar secara virtal, Sabtu (26/9).

Workshop Singkat Cara Melukis Masker dari Leka Putra

Workshop melukis masker
Fimela

Dalam workshop singkat itu, Leka membagikan tips, cara dan perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk melukis masker. Untuk memulainya, siapkan terlebih dahulu masker, Sahabat Fimela dapat menggunakan masker dengan jenis kain katun, pensil, cat akrilik, air untuk membersihkan kuas, kuas ukuran 6 atau 7, serta lap untuk membersihkan kuas.

Leka merekomendasikan untuk menggunakan masker katun, selain membuat cat mudah menempel, masker dengan kain katun, juga masih cukup baik digunakan untuk mencegah penularan virus corona. Nah, pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat pola pada masker dengan menggunakan pensil. Setelah itu mulailah mengecat, jika dasar dari kain masker berwarna gelap, berikan warna dasar cat berwarna putih agar warna lebih jelas sebelum ditimpal dengan warna lain.

Leka juga menambahkan, penggunaan cat akrilik ini karena tidak mudah hilang saat dicuci dan lebih cepat kering. Jika cat ini kering maka memiliki tekstur seperti samblon pada umumnya. Ia merekomendasikan untuk menggunakan masker tersebut dipakai satu hari setelah pengecatan. Ini bertujuan agar cat lebih kering dengan sempurna dan menghilangkan bau cat.

Hasil Melukis Masker dari Leka Putra

Hasil dari lukis masker
Fimela.com

Maskr lukis ini menjadi pekerjaan Leka selama pandemi. Ia mampu menghasilkan 50 pcs masker lukis dalam sehari. Semua desain yang dibuat oleh Leka terinspirasi dari motiv Indonesia, mulai dari batik, bunga, hingga hewan yang ada di Indonesia.

Melukis dengan cat akrilik ini tidak hanya dapat dilakukan menggunakan media masker, tetapi media seperti sepatu, tas, dan baju pun juga dapat dilukis menggunakan cat ini. Leka, seorang lulusan Ilmu Komunikasi dan S2 Bisnis, akan tetap melanjutkan kariernya di bidang seni untuk kedepannya.

Dalam workshop tersebut, Leka juga memberikan pesan bahwa meskipun hidup di tengah pandemi kita harus tetap memiliki inovasi untuk tetap survive.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓