Hanya Hidup 74 Menit, Seorang Bayi Dapat Membantu Dunia Hingga Mendapat Guinness World Records

Anisha Saktian Putri29 Sep 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 14:00 WIB
Ilustrasi rumah sakit/dok. Unsplash Insung Yoon

ringkasan

  • Seorang bayi di Newmarket, Inggris dinobatkan sebagai pendonor organ termuda di dunia
  • Setelah kematiannya yang memilukan, saudara perempuan dan saudara kembar Hope Lee dengan bangga memegang sertifikat untuk menghormatinya.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Seorang bayi di Newmarket, Inggris dinobatkan sebagai pendonor organ termuda di dunia setelah hanya mampu bertahan hidup selama 74 menit.

Bayi tersebut bernama, Hope Lee. Walau hidup hanya lebih dari satu jam tapi ia sangat berguna bagi dunia. Hope Lee mendonorkan ginjal dan sel hatinya untuk disumbangkan kepada seorang perempuan berusia akhir dua puluhan.

Hope meninggal pada November 2015 tak lama setelah dia lahir dan ginjal serta sel hatinya disumbangkan, The Mirror melaporkan.

Kedua orangtuanya, Drew dan Emma, menemukan pada tahap awal kehamilan Hope memiliki kondisi otak anencephaly di mana otak dan tengkorak tidak berkembang, serta tidak akan bertahan hidup.  Tetapi mereka menolak untuk menggugurkannya setelah terinspirasi oleh kisah donor kecil lainnya.

Meski tubuhnya sekecil hazelnut, organ Hope Lee tumbuh pesat dan sekarang berukuran dewasa.

“Dia anak kecil yang manis, sangat perhatian dan penyayang, dia sangat menggemaskan,” ujar Drew. 

Setelah mengetahui hal tersebut, kedua orangtuanya memutuskan untuk mendonorkan sel organ putrinya tersebut. Dengan alasan, Hope masih hidup walau di diri orang lain. Hope sendiri memiliki kembaran yang bernama Jake dan terlahir normal. 

 

Mendapat sertifikat rekor dunia

Bayi Hope Lee, dok. Cambridge News
Bayi Hope Lee, dok. Cambridge News

Setelah kematiannya yang memilukan, saudara perempuan dan saudara kembar Hope Lee dengan bangga memegang sertifikat untuk menghormatinya. 

Madie, sembilan, dan Josh yang berusia empat tahun memamerkan penghargaan yang diberikan dari Guinness World Records. “Saya menangis ketika membuka surat itu,” ujar Drew

Sertifikat itu berisikan: "Donor organ termuda adalah Hope Lee, dari Newmarket, Inggris, yang mendonasikan ginjal dan sel hatinya hanya 74 menit setelah dia lahir pada 24 November 2015."

“Hope adalah bagian dari sejarah sekarang dan telah meninggalkan jejaknya di dunia.  Dalam banyak hal kami masih berduka, tetapi sertifikat rekor dunia adalah kebanggan bagi kami,” tambah Drew.

Pasangan itu telah berpisah.  Emma masih tinggal di Newmarket dan Drew di dekat Mildenhall.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓