Mengatasi Anak Panas di Malam Hari dengan Obat Penurun Demam sesuai Usia

Anisha Saktian Putri01 Okt 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 01 Okt 2020, 18:30 WIB
Anak Sakit

Fimela.com, Jakarta Memiliki anak yang masih bayi atau balita memang dipenuhi rasa kekhawatiran. Apalagi ketika si kecil mengalami deman di malam hari.

Suhu normal bayi berkisar 36 derajat sampai 37 derajat, jika lebih dari suhu tersebut menandakan anak demam yang diakibatkan infeksi akibat bakteri atau virus.

Saat anak demam, orang tua sebaiknya jangan panik yang justru akan membuat si kecil rewel. Baiknya lakukan hal-hal di bawah ini untuk meredakan demam si kecil, jika masih demam tidak berangsur turun baiknya langsung konsultasikan dengan dokter.

Berikut ini beberapa hal yang bisa orang tua lakukan, melansir beberapa sumber.

1. Minum air putih

susu
ilustrasi anak minum susu/copyright Pexels/samer daboul

Demam dapat menyebabkan si kecil kehilangan cairan dengan cepat dan mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan memperburuk gejala. Untuk menghindarinya, segeralah berikan minum air putih untuk mencegah kekurangan cairan. Jika masih di bawah dua tahun, berikan ASI.

2. Ganti baju anal dengan pakaiana tipis

Meskipun naluri pertama mungkin mengenakan pakaian hangat untuk anak. Namun hal ini justru membuatnya tak nyaman. Memaksa berkeringat bukanlah cara yang baik untuk mengatasi demam. Baiknya gunakan pakaian tipis dengan suhu ruangan yang nyaman.

3.Cobalah pereda demam

Gunakan pereda demam hanya jika diperlukan. Tidak semua demam perlu diobati. Menurut AAP, pereda demam hanya diperlukan jika demam dengan suhu yang tinggi. Melansir honestdocs, berikut penggunaan obat sesuai usia.

Umur 0-3 bulan Bila suhu tubuh anak 38 ºC atau lebih tinggi (secara rektal), langsung hubungi dokter.

Umur 3-6 bulan Bila suhu tubuh anak < 38.9 ºC (secara rektal), tidak perlu obat penurun panas (cukup dengan tips-tips di bawah). Hubungi dokter jika anak rewel tidak seperti biasanya, gelisah, atau inginnya tidur melulu (lemah).

Umur 6-24 bulanBila anak dengan suhu tubuh > 38.9 ºC (secara rektal), segera beri obat demam. Hubungi dokter jika demam tidak kunjung turun atau setelah lebih dari sehari.

Umur 2-17 tahunAnak dengan suhu tubuh < 38.9 ºC (secara rektal untuk anak < 3 tahun atau oral untuk anak > 3 tahun) tidak perlu obat demam atau penurun panas (cukup dengan tips-tips di bawah).

Hubungi dokter jika anak rewel tidak seperti biasanya, gelisah, atau mengeluh sakit yang signifikan.

Usia 2-17 tahun Anak dengan suhu tubuh > 38.9 ºC (secara rektal untuk anak < 3 tahun atau oral untuk anak > 3 tahun) perlu diberikan obat demam.

4. Kompres

Bila anak panas di malam hari, segera tempelkan kompres air hangat. Caranya masukan handuk kedalam air hangat, lalu peras. Simpan handuk tersebut pada bagian tubuh seperti ketiak, kaki, tangan, dan bagian lipatan.

Letakkan lap basah tersebut pada dahi dan bagian belakang leher. Jangan gunakan air es untuk kompes, karena hal ini justru dapat menyebabkan tubuh anak menggigil dan suhu tubuh kembali meningkat.

 

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓