Sukses

Parenting

Jaga Nutrisi demi Imunitas Tubuh, Biar Si Kecil Nggak Mudah Sakit

Fimela.com, Jakarta Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh si Kecil adalah hal yang sangat penting. Terlebih di masa tumbuh kembangnya, di mana tubuh yang sehat dan nggak gampang sakit sangat penting untuk mengoptimalkan setiap tahapan perkembangan yang dijalani. Asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari jadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi imunitas buah hati kesayangan. Dilansir dari buku berjudul 50 Resep Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (2010) karya Lenny Jusup, kekuatan imunitas secara menyeluruh tergantung pada pasokan vitamin dan mineral yang optimal.

Lalu, apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga nutrisi demi meningkatkan imunitas si Kecil kesayangan? Beberapa langkah ini bisa dicoba, lho.

Asupan Nutrisi Seimbang adalah Kunci

Demi menjaga imunitas si Kecil, memberikan asupan nutrisi yang seimbang menjadi kuncinya. Jadi, orang tua harus mengenali dan memahami kombinasi jenis nutrisi seimbang yang harus diberikan kepada anak.

Perhatikan juga asupan makronutrient dan mikronutrient yang seimbang. Makanan yang masuk kategori makronutrient adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara mikronutrient terdiri dari vitamin dan mineral. Menurut Panduan Gizi Seimbang yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan, ada 5 kelompok pangan yang harus ada di dalam piring dalam sajian sekali makan. Mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah, dan minuman.

Jadi, prinsip gizi seimbang bukan hanya makan asal kenyang, tapi juga mengonsumsi beragam jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh, termasuk meningkatkan sistem imun anak. Kemenkes juga menekankan pola hidup bersih sebagai salah satu pilah gizi seimbang, yaitu memperhatikan higienitas makanan untuk anak dan menerapkan perilaku hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan untuk menghindari paparan bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh si Kecil.

Cari Tahu Makanan yang Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sebagai orang tua, penting juga untuk mengisi piring makanan anak dengan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sayur dan buah yang mengandung antioksidan dikenal baik untuk menjaga imunitas si Kecil supaya nggak gampang sakit, terutama di musim penyebaran virus seperti sekarang ini.

Kementerian Kesehatan juga sudah membuat panduan makanan apa saja yang dapat menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah penularan virus. Sayuran yang kaya serat dapat menjaga kekebalan tubuh, seperti sayuran berdaun hijau, tauge, terong, dan labu. Penting juga memperbanyak konsumsi buah seperti pisang, jeruk, alpukat, nanas, apel, pepaya, dan manggis.

Kecukupan gizi, terutama vitamin dan mineral sangat diperlukan dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang optimal. Sementara itu, vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan yang menangkal senyawa jahat dalam tubuh untuk membantu meningkatkan sistem imun pada anak. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menganjurkan asupan konsumsi sayur sebanyak 250gr dan buah 150gr per hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang.

Jangan Lupakan Pentingnya Sinar Matahari Pagi

Berjemur juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun anak. Kegiatan ini dapat memberikan stimulus pembentukan vitamin D dalam tubuh anak, yang mana manfaatnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh serta memperkuat tulang dan gigi si Kecil. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan rekomendasi berjemur yang baik adalah pagi hari sebelum jam 10 dan jam 4 sore. Jangan lupa lindungi si Kecil dengan pakaian yang tepat, masker, topi, serta gunakan sunscreen. Perhatikan juga durasi berjemur, yaitu cukup 10-15 menit saja.

Jangan Ragu untuk Berkonsultasi dengan Para Expert

Banyak yang perlu dipelajari tentang topik gizi seimbang dan imunitas anak, sehingga wajar jika membuat bingung para orang tua. Saat mengalami hal tersebut atau bahkan muncul pertanyaan, jangan ragu berkonsultasi dengan para expert untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

Saat membutuhkan konsultasi dengan para ahli, nggak perlu bingung lagi karena kini Nutriclub Expert Advisor hadir sebagai layanan terbaru dari Nutriclub yang menemani 24/7 bagi Mama dan Papa yang ingin berdiskusi langsung dengan para Expert. Ada beberapa topik yang bisa digali di sini, seperti Resilient Parenting, Nutrisi, Kehamilan dan Menyusui, serta Tumbuh Kembang si Kecil.

 

Nutriclub Expert Advisor adalah layanan Call Center yang berbeda dari Call Center biasa karena memiliki keahlian dan latar belakang pendidikan yang terkait tumbuh kembang anak dan juga seorang ibu yang mengerti kondisi Mama dan Papa dalam menjalani Parenthood. Komitmen #SelaluAdaUntukMamaPapa 24/7 sehingga para orang tua bisa berdiskusi kapan saja saat merasa butuh untuk mencari solusi. Yang nggak kalah penting, Nutriclub Expert Advisor terbuka bagi Mama dan Papa untuk berdiskusi dan menerima saran Expert yang telah tervalidasi, tanpa memungut biaya dan pastinya tanpa judgement.

Untuk mendapatkan konsultasi dengan Nutriclub Expert Advisor, Mama dan Papa bisa menghubungi nomor WhatsApp 0821 2000 100 atau 0800 1 360360 (toll free). Cari tahu selengkapnya tentang Nutriclub Expert Advisor dengan klik di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading