Bukti Penelitian, Kakek Nenek yang Mengasuh Cucunya Ternyata Hidup Lebih Lama

Febi Anindya Kirana08 Okt 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 08 Okt 2020, 15:45 WIB
kakek nenek dan cucu

Fimela.com, Jakarta Perhatian dan kasih sayang yang bisa didapat seorang anak bukan hanya dari orangtua namun juga bisa berasal dari kakek neneknya. Bahkan seringkali anak lebih banyak dirawat dan diasuh oleh kakek neneknya dibanding orangtuanya yang sibuk bekerja.

Meskipun fenomena kakek nenek mengasuh cucunya ini sudah sangat biasa di kalangan masyarakat, tapi tahukah bahwa mengasuh cucu ternyata memiliki manfaat kesehatan tak terduga untuk para lanjut usia ini?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior menemukan bahwa lansia yang merawat cucu-cucunya ternyata memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak pernah mengasuh cucu.

Mengasuh cucu membuat kakek nenek panjang umur

Kakek dan Nenek
Ilustrasi kakek dan nenek (Shutterstock)

Penelitian yang melibatkan lebih dari 500 orang berusia 70-103 tahun antara tahun 1990 hingga 2009 ini menunjukkan bahwa interaksi sosial yang dibangun bersama dengan anak-anak kecil yang merupakan cucu mereka ini ternyata mampu membuat otak tetap aktif di usia lanjut usia.

Data yang didapat dari Berlin Aging Study (BASE) oleh para peneliti ini menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi penuaan. Para partisipan ditanya seberapa sering mereka menjaga atau melakukan sesuatu untuk cucu mereka tanpa kehadiran orang tua si cucu. Dalam beberapa waktu peneliti mencatat angka kematian dan ternyata kakek nenek yang mengasuh cucu mereka masih hidup sekitar 10 tahun setelah pertama kali ditanya di tahun 1990.

Seperti yang kita tahu, otak juga ikut mengalami penuaan seiring bertambahnya usia. Saat usia lanjut, setelah orang tua tidak lagi memiliki pekerjaan, sedikit kegiatan yang bisa mengasah kinerja otak mereka sehingga rentan lupa. Namun mengasuh anak membuat mereka tetap aktif, bukan hanya secara fisik tapi juga secara mental. Itulah yang menjadi obat 'awet muda' untuk orang lanjut usia tersebut.

Wah, ternyata mengasuh cucu punya manfaat mengejutkan untuk orangtua kita ya Sahabat Fimela. Mengetahui fakta penelitian ini bukan berarti bisa merepotkan mereka untuk menjaga anak kita ya.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓