Akibat Kelalaian Orangtua, Seorang Anak Berusia 1 Tahun Tewas Terkunci di dalam Mobil

Gayuh Tri Pinjungwati09 Okt 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 09 Okt 2020, 17:26 WIB
anak terkunci di dalam mobil

Fimela.com, Jakarta Pengabaian dalam pengawasan adalah salah satu bentuk pengabaian di mana kurangnya pengawasan yang dapat berpotensi membahayakan anak. Secara umum pengawasan orangtua diperlukan agar anak tidak melakukan hal yang berbahaya.

Tetapi terkadang masih saja kita temui sebagian orangtua lali dalam melakukan pengawasan orangtua. Tak jarang pula akan menemukan peristiwa di mana seorang anak menjadi korban dari kelalaian orangtua. Seperti berita baru-baru ini, akibat kelalaian orangtua, seorang anak berusia 1 tahun meninggal dunia setelah terkunci di dalam mobil.

Melansir dari people.com (9/10), menurut laporan kepolisian seorang gadis berusia 1 tahun di Las Vegas meninggal setelah dia secara tidak sengaja terkunci di dalam mobil. Dalam usaha menyelamatkan nyawa anak tersebut, sang ayah menolak untuk membuka jendela.

Sidney Deal (27), ditangkap pada hari Senin setelah menolak bantuan dari saudara laki-lakinya dan polisi untuk membuka jendela dan menyelamatkan putrinya yang sekarat. Ia mengatakan bahwa dia tidak mampu membayar untuk setiap kerusakan pada mobil barunya.

Saat itu petugas dipanggil ke tempat kejadian sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan menawarkan untuk memecahkan kaca jendela, memanggil truk derek atau mendapatkan tukang kunci untuk Deal, yang telah meninggalkan kuncinya di dalam mobil. Pihak berwenang mengatakan Deal menolak dan memberi tahu petugas yang menanggapi bahwa anak itu akan baik-baik saja karena AC menyala. Sebaliknya, Deal menelepon saudaranya.

Tak Ingin Pecahkan Kaca Mobil, Anak Tewas

anak meninggal di dalam mobil
Ilustrasi/copyrightshutterstock/chalermphon_tiam

Ketika saudaranya tiba dan menawarkan untuk memecahkan kaca, Deal tetap menolaknya dan bersikeras dia tidak akan merusak kendaraan barunya. Dia menyatakan bahwa dia baru membeli mobil itu dan tidak punya uang untuk memperbaiki kaca jendela bila dipecah. Kekasih Deal juga diduga memberi tahu polisi bahwa dia telah memanggil tukang kunci, tetapi ia juga tidak menyukai harga dari jasa tersebut yang terlalu mahal.

Polisi yakin bahwa anak tersebut telah berada di mobil yang panas selama sekitar satu jam ketika petugas akhirnya dapat menbuka jendela. Sayangnya, Sayah sudah meninggal saat polisi menyelamatkannya.

Juru biacara polisi Larry mengatakan pada hari Selasa bahwa petugas menunggu untuk memecahkan kaca karena Deal bersikeras melindungi mobil dan mereka dapat melihat anak itu bernapas karena sang ayah mengatakan bahwa AC menyalan dan anak itu sedang bermain. Dan ketika polisi mulai khawatir dengan keselamatan anak tersebut, akhirnya polisi memecahkan jendela mobil.

Dari kejadian tersebut, Dela akhirnya dihukum. Kesepakatan dijadwalkan untuk hadir di pengalidan pada hari Selasa, tetapi ia tidak dapat hadir karena alasan medis. Menurut catatan, Deal saat ini ditahan di Pusat Penahanan Clark dengan jaminan $ 20.000.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓