3 Manfaat Mengonsumsi Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak

Gayuh Tri Pinjungwati09 Okt 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 09 Okt 2020, 17:45 WIB
minyak ikan

Fimela.com, Jakarta Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dari makanan sehat. Lemak esensial ini sangat penting bagi anak-anak, karena mereka memainkan peran dalam pertumbuhan dan perkembangan dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa anfaat penting mengonsumsi minyak ikan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mengurangi Asma

Asma adalah kondisi kronis yang menyerang anak-anak dan orang dewasa. Asma dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernapas, batuk dan mengi. Penelitian menemukan bahwa suplemen asam lemak omega-3 membantu meringankan gejala ini.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Gangguan tidur memengaruhi hampir 4% anak di bawah usia 18 tahun. Mengaitkan kadar asam lemak olemga-3 yang lebih rendah dalam darah dengan risiko masalah tidur yang lebih tinggi. Dalam penelitian juga menemukan bahwa melengapi dengan 600 mg DHA selama 16 minggu menurunkan gangguan tidur. Tidur yang berkualitas cukup dibutuhkan untuk anak-anak, terlebih mereka dalam masa pertumbuhan.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Minyak ikan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/noppawan09

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan suasan hati pada anak-anak, khususnya pembelajaran, memori dan perkembangan otak. dalam penelitian juga ditemukan bahwa tercukupinya kebutuhan asam lemak omega-3 yang tinggi dapat memengaruhi peningkatan kemampuan belajar dan memori verbal.

Nah, itu tadi Mom, manfaat minyak ikan untuk kesehatan anak, selain itu, minyak ikan juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. Jika mungkin anak mengalami masalah susah makan bisa juga memberikan minyak ikan untuk anak. Tentuanya dengan dosis sesuai usia si kecil ya Mom!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓