5 Menu Makanan Bayi 6 Bulan dan Cara Membuatnya

Anisha Saktian Putri13 Okt 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 13 Okt 2020, 13:00 WIB
mpasi

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 6 bulan,si kecil sudah mulai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Meski begitu, makanan bayi enam bulan, berbeda dengan dewasa.

Saat pertama kali makan, baiknya untuk memberikan anak menu tunggal seperti buah, daging, atu kacang-kacangan. Hal ini dapat membantu orang tua mengenali dan mengindentifikasi alergi makanan pada anak.

Setelah tidak terjadi masalah, menu tunggal tersebut bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bahan makanan lainnya untuk mengingkatkan rasa dan nutrisi si kecil

Melansir healthline, berikut ini beberapa menu MPASI yang bisa diberikan kepada bayi 6 bulan.

1. Bubur pisang

Buah Pisang
Ilustrasi Buah Pisang Credit: pexels.com/Luis

Sering disebut sebagai makanan yang "sempurna", pisang kaya akan potasium dan serat yang baik untuk makanan pertama si kecil.

Cara membuatnya:

Siapakan satu pisang, lalu kupas. Kemudian haluskan dengan garpu. Lalu tambahkan ASI atau susu formula untuk mengencerkannya.

2. Bubur beras merah

Beras merah salah satu makanan yang paling umum diperkenalkan karena tidak menimbulkan alergi dan mudah dicerna.

Cara membuatnya:

Cuci beras merah sebanyak dua kali, rendam selama sekitar 30 menit. Cara ini membuat tekstur nasi merah lebih pulen.

Setelah selesai, buang air rendamannya dan tambahkan 1,5 gelas air tawar ke dalam panci berisi beras merah. Masaklah dengan api sedang ke tinggi sampai mendidih. Pastikan untuk mengaduk nasi merah secara berkala selama memasak.

Beres merah tersebut bisa dicampurkan oleh ASI.

3. Bubur alpukat

Buah Alpukat
Ilustrasi Buah Alpukat Credit: unsplash.com/Louis

Alpukat memiliki lemak baik yang luar biasa untuk otak bayi dan perkembangan fisik. Ditambah lagi, tekstur lembut dari alpukat yang matang sempurna adalah salah satu yang disukai bayi.

Cara membuatnya:

Haluskan alpukat dengan garpu, kemudian tambahkan ASI atau susu formula. Sisa alpukat yang belum digunakan dapat dimasukkan ke dalam wadah dan disimpan di lemari pendingin.

4. Bubur Ubi Jalar

Ubi jalar sarat dengan vitamin, antioksidan, dan serat, jadi masuk akal jika bayi juga mendapat manfaat dari umbi yang lezat ini.

Cara Membuatnya:

Siapakan dua ubi jalar, kupas ubi dan potong menjadi dadu. Lalu kukus selama 30 menit atau ketika sudah benar-benar lunak.

Diamkan sampai agak dingin, masukan ke dalam penggiling makanan bayi hingga halus dan anak bisa makan.

5. Bubur wortel

Wortel adalah pengantar makanan padat yang bagus karena rasanya yang manis alami dan teksturnya yang lembut.

Cara membuatnya:

Siapakan beberapa wortel dan 1 gelas air. Potong dan kuas wortel, lalu potong wortel berukuran 1 inci. Masukan ke dalam panci dengan air atau kaldi.

Masuk wortel selama 25 menit atau sampai wortel lunak. Lalu haluskan menggunakan food processor, blender atau food mill.

Lanjutkan Membaca ↓