5 Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Anak Usia 0-6 Tahun

Endah Wijayanti15 Okt 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 13:45 WIB
anak membaca buku

Fimela.com, Jakarta Memperkenalkan anak pada buku sejak dini akan sangat menunjang tumbuh kembangnya dengan lebih optimal. Saat anak-anak sudah menyukai buku sejak kecil, maka ke depannya mereka bisa punya semangat lebih besar untuk belajar dan memelajari hal-hal baru. Kita pun bisa memperkenalkan buku pada anak ketika masih sangat belia.

Kali ini kita akan membahas pemilihan buku yang tepat untuk anak usia 0-6 tahun. Mengutip buku The Montessori Toddler, kita perlu menunggu sampai anak berusia lebih dari 6 tahun untuk mengenalkan fantasi (terutama fantasi yang menakutkan). Dengan kata lain, buku fantasi sebaiknya tidak diberikan pada anak usia 0-6 tahun. Buku fantasi baru bisa diberikan ketika anak sudah memahami perbedaan antara kenyataan dan fantasi. 

Untuk memilih buku yang tepat untuk anak usia 0-6 tahun, berikut beberapa tips yang perlu diketahui. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Memuat Gambar yang Realistis

Misalnya, jika ada dua buku yang satunya memuat gambar seekor beruang menyetir mobil dan satunya menampilkan gambar orang di belakang kemudi, maka pilihlah buku yang memuat gambar orang di belakang kemudi. Pilih buku yang memuat gambar yang dilihat anak-anak dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa dengan mudah mereka pahami.

2. Memuat Gambar yang Indah

Pilih buku yang ilustrasinya bagus. Anak-anak akan menyerap keindahan dari karya seni yang ada di buku. Jadi, selalu perhatikan ilustrasi sebuah buku sebelum memberikannya kepada anak.

3. Memuat Jumlah Kata yang Tidak Terlalu Panjang

membaca nyaring
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Ketika memilih buku untuk balita yang masih kecil, bisa pilih buku yang memuat satu kata atau kalimat sederhana di setiap halamannya. Untuk balita yang lebih besar, bisa pilih buku yang memuat kalimat yang lebih panjang di setiap halaman. Selain itu, balita yang sudah lebih besar juga senang dengan buku berima. Buku puisi dengan kata atau kalimat berima juga cocok untuk balita.

4. Memiliki Jenis Halaman yang Berbeda

Buku dengan fitur buka-tutup (lift-the-flap) bisa dipilih untuk balita karena menyenangkan dan mengajari anak-anak agar berhati-hati ketika mereka membuka flap-nya. Kita juga bisa memilih boardbook untuk anak. Buku dengan halaman kertas juga bisa diberikan selagi anak belajar cara menangani buku dengan lebih baik.

5. Memuat Keragaman

Ada baiknya memilih buku yang merefleksikan keluarga, ras, kebangsaan, dan sistem kepercayaan yang berbeda dari kita. Buku yang menggambarkan dan memuat keragaman akan sangat membantu tumbuh kembang anak ke depannya.

Satu hal yang tak kalah penting adalah menunjukkan kesenangan membaca buku. Tunjukkan antusiasme kita saat memperkenalkan sebuah buku pada anak, supaya anak bisa "tertular" kesenangan itu dan lebih mencintai buku-buku. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓