4 Cara Memotivasi Anak Usia Remaja untuk Menetapkan Tujuan Mereka

Gayuh Tri Pinjungwati16 Okt 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 18:15 WIB
anak remaja

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua ingin anaknya tetap termotivasi untuk belajar, memanfaatkan peluang dan mencoba hal baru dan menyenangkan. Tetapi tidak semua remaja ingin meninggalkan zona nyaman mereka. Jika kurangnya motivasi kepada anak membuat Mom khawatir, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu anak remaja memiliki motivasi untuk tujuan kedepannya seperti berikut ini.

Bersemangatlah

Jika para orangtua menginginkan anak mereka merangkul pembelajaran atau mencoba hal-hal baru, pastikan Mom menunjukkan sikap positif dan ceria kepada anak. Kegembiraan mungkin adalah satu-satunya kebutuhan anak untuk mencoba hal-hal baru menghadapi tantangan. biarkan anak tahu bahwa Mom memiliki ekspetasi yang tinggi padanya dan tahu bahwa anak mampu untuk mencapainya. Tetapkan tujuan yang realistis, sehingga ketika anak mencapainya, dia akan bersemangat dan termotivasi untuk mencoba lebih.

Jadilah Inspirasi

Selalu menyenangkan mendengar cerita sukses yang optimis. Pastikan untuk berbagi cerita Mom tentang bagaimana menetapkan tujuan. Para orangtua bahkan dapat berbagi cerita sempurna tentang kerabat, teman, atau bahkan tokoh masyarakat. Mom dapat mengajak anak untuk dapat menetapkan tujuan bersama dan kemudian membuat rencana yang menyenangkan untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Jangan Takut Gagal

Membangun Komunikasi yang Baik dengan Anak
Ilustrasi Orangtua dan Anak Remaja Credit: pexels.com/pixabay

Jika Mom tidak takut gagal, anak mungkin juga tidak akan takut dengan kegagalan. Biarkan anak mengerti bahwa mencoba selalu sukses dan tidak ada yang namanya kegagalan. Setiap pengalaman mengajarkan banyak hal penting dan kapan pun anak pergi dengan mengetahui lebih banyak, dia sudah menjadi pemenang. Bersemangatlah jika anak memutuskan untuk mencoba mendapatkan sesuatu di sekolah. Jika mereka tidak berhasil, beri tahu mereka bahwa pengalaman itu sepadan dan Mom bangga dengan upaya dan kemauan mereka untuk mencoba.

Hargailah Anak

Hampir semua orang, dewasa dan anak-anak termotivasi oleh penghargaan. Jika anak mencapai tujuan tertentu, pastikan untuk merayakannya. Perayaan tidak harus dengan yang mahal atau melibatkan sesuatu. Mom dapat memutuskan untuk merayakannya dengan pergi ke bisoskop atau mengunjungi toko es krim terdekat. Menetapkan tujuan dan menentukan hadiah adalah cara yang bagus untuk mendorong dan membuatnya tetap termotivasi untuk sukses.

Jika anak senang mencoba hal-hal baru atau berusaha mencapai suatu tujuan, tetap dorong mereka untuk itu. Biarkan anak tahu bahwa Mom senang melihatnya menjelajah.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓