5 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Kezia Prasetya Christvidya27 Okt 2020, 09:45 WIB
Diperbarui 27 Okt 2020, 09:50 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Saat sedang mengandung, seorang ibu akan mengalami banyak perubahan mulai dari bentuk tubuh, hormon, suasana hati hingga perubahan masalah kulit.

Pada saat sedang hamil, beberapa ibu mengalami masalah kulit yang mendadak berjerawat, kulit menjadi kering, kurangnya kolagen di kulit wajah, kulit tampak kusam dan lain sebagainya. Masalah kulit ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi pada ibu.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah kulit ini, bisa menggunakan beberapa produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif. Tetapi tidak semua skincare dapat digunakan untuk ibu hamil, karena dapat mempengaruhi kesehatan janin. Berikut kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil, dilansir dari berbagai sumber:

 

Salicylic Acid

ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/Sergey Nivens/shutterstock
ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/Sergey Nivens/shutterstock

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil adalah salicylic acid. Skincare yang memiliki kandungan ini bisa digunakan dua kali sehari, untuk merawat masalah kulit yang dialami oleh ibu hamil.

Kandungan ini bisa digunakan dengan konsentrasi kurang lebih 2 persen. Kandungan ini sering kali ditemukan di dalam pembersih wajah, toner dan pelembap. Bahkan di produk riasan seperti bedak juga memiliki kandungan salicylic acid.

Kandungan ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori dari komedo, membunuh bakter penyebab jerawat dan mengatasi kulit merah yang meradang karena jerawat.

Hyaluronic Acid

ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/SNeG17/shutterstock
ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/SNeG17/shutterstock

Kandungan yang aman selanjutnya adalah hyaluronic acid. Pada beberapa kondisi kehamilan juga bisa membuat kulit cenderung lebih kering. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit ibu hamil, agar tidak mudah kering atau muncul tanda-tanda penuaan dini.

Produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid ini, berfungsi untuk menjaga kadar air di kulit wajah, meningkatkan produksi kolagen alami, menghidrasi kulit, membuat kulit wajah lebih bersinar, menutrisi kulit, mengontrol produksi minyak di wajah dan melembapkan kulit wajah.

Kandungan ini terdapat di dalam toner, serum, essence maupun pelembap, yang baik digunakan pada pagi siang dan malam hari. Selain baik untuk ibu yang sedang hamil, kandungan ini juga bisa digunakan untuk ibu yang sedang menyusui.

 

Niacinamide

ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/YAKOBCHUK VIACHESLAV/shutterstock
ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/YAKOBCHUK VIACHESLAV/shutterstock

Niacinamide merupakan kandungan skincare yang berasal dari vitamin B3. Kandungan ini baik digunakan untuk ibu yang sedang hamil, karena kandungan ini bisa membantu mengatasi masalah kulit kusam, berjerawat dan mengalami tanda penuaan dini.

Niacinamide memiliki sifat sebagai antioksidan, yang membantu menangkal radikal bebas, yang bisa merusak sel kulit, menyebabkan penuaan dini, kanker kulit dan masalah kulit lainnya.

Kandungan ini biasanya terdapat di dalam toner, serum, pelembap hingga sheet mask, yang baik digunakan pada malam hari, untuk membantu menutrisi kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

 

Vitamin C

ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/puhhha/shutterstock
ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/puhhha/shutterstock

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil selanjutnya, yaitu produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C. Kandungan ini sangat cocok digunakan untu ibu hamil yang memiliki kulit menggelap, kulit kering dan muncul tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Sehingga kulit menjadi lebih cerah, lebih elastis, menyamarkan kerutan di kulit, menyamarkan noda hitam dan membantu melembapkan kulit.

Produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C, juga aman digunakan untuk ibu yang sedang menyusui. Produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C, lebih baik digunakan pada malam hari agar tidak terpapar sinar UVA dan UVB.

 

Zinc Oxide

ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/popcorner/shutterstock
ilustrasi Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil/popcorner/shutterstock

Kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil yang terakhir, yaitu kandungan zinc oxide yang sering ditemukan pada produk sunscreen. Namun tidak semua sunscreen bisa digunakan untuk ibu hamil. Sunscreen yang baik digunakan adalah jenis physical sunscreen.

Physical sunscreen ini memiliki kandungan zinc oxide, yang tidak bisa menyerap ke dalam kulit, tetap tetap berada di atas permukaan kulit, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Karena kandungan ini tidak menyerap ke dalam pori-pori, maka physical sunscreen aman digunakan untuk ibu menyusui juga. Kandungan ini tidak akan membahayakan kesehatan bayi maupun kesehatan ibu. Sunscreen ini harus digunakan secara berulang sekitar 4 jam sekali. Walaupun hanya di dalam rumah, tetapi harus tetap menggunaakn sunscreen.

 

Lanjutkan Membaca ↓