Sukses

Parenting

8 Tips Ampuh Mendidik Anak agar Mandiri dan Tidak Cengeng

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki anak mandiri dan tidak cengeng? Setiap orang pasti mengharapkan semua kualitas baik ada pada diri sang anak, apa kamu salah satunya?

Dilansir dari todaysparent.com, berikut ini adalah beberapa tips ampuh mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng. Penasaran bagaimana?

1. Bicara

Ajak anak untuk membantumu juga sebagai orangtua. Jika kamu melakukan lebih banyak hal ketimbang anak itu sendiri, minta maaf pada mereka karena kamu telah memperlakukan mereka seperti anak kecil.

2. Memberi peluang

Buat daftar tentang hal-hal yang paling mungkin anak lakukan sendiri, seperti menggosok gigi. Tanyakan pada anak apa saja tugas yang menurut mereka terlalu besar dan berat untuk dilakukan.

 

 

3. Memprioritaskan tujuan

Tangani setiap hal satu per satu, agar kamu sendiri tidak kewalahan.

4. Meluangkan waktu

Jika anak membutuhkan waktu 10 menit untuk menyisir rambutnya sendiri, mulailah pagi hari 10 menit lebih awal. Jangan membuat anak merasa terburu-buru, beri mereka waktu yang cukup.

5. Negosiasi dan kompromi

Biarkan anak melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Ini akan mengasah kemampuan anak untuk mencari jalan keluar dari setiap kesulitan yang dihadapinya.

6. Lupakan tentang kesempurnaan

Terimalah ketika anak tidak melakukan tugas sebaik yang kamu lakukan. Jika ada hal yang terjadi, beri anak contoh cara melakukan dengan baik, tanpa kritik.

7. Beri pujian

Beri anak pujian ketika mereka bisa melakukan sesuatu sendiri. Berikan respon dan tindak lanjut yang positif.

8. Mempertimbangkan keadaan

Jika anak lelah, sakit, stres, kamu harus menyesuaikan diri dengan perubahan. Itu bukan saatnya memperkenalkan tanggung jawab yang baru. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading