Dongeng Digital ABCD Permudah Orang Tua Mengetahui Nutrisi Terbaik bagi Anak

Anisha Saktian Putri29 Nov 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Nov 2020, 14:00 WIB
Orang Tua Gemar Bacakan Dongeng Bikin Anak Lebih Cerdas? (Gpointstudio/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Di tengah situasi yang mewajibkan anak-anak berkegiatan di rumah, cara orang tua mengasuh anak juga harus berubah. Selain pelajaran di sekolah, orang tua juga tetap perlu memperhatikan edukasi yang diberikan pada anak tentang pangan bergizi dan kebiasaan hidup sehat.

Dalam menyambut Hari Dongeng Nasional, Danone Indonesia meluncurkan rangkaian dongeng digital edukatif ABCD atau ‘Aku Bintang Cerita Danone’ yang dapat diakses orang tua kapanpun dan dimanapun melalui YouTube Nutrisi Bangsa.

Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia menyampaikan melalui 'Aku Bintang Cerita Danone (ABCD)', menghadirkan edukasi menyenangkan terkait gizi seimbang, kebersihan tubuh, pentingnya aktivitas fisik, keamanan pangan, hingga hidrasi dalam rangkaian cerita dongeng audiovisual.

Dongeng ABCD diluncurkan bersamaan dengan perhelatan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2020 yang diselenggarakan Ayo Dongeng Indonesia. Dalam festival bertema “Dongeng Bahagia di Rumah”, para relawan pendongeng ABCD yang merupakan karyawan internal Danone Indonesia mengedukasi lebih dari 1000 anak melalui dongeng tentang gizi seimbang.

"Edukasi melalui kegiatan yang menyenangkan seperti dongeng bukan kali pertama bagi Danone Indonesia. Sebelumnya melalui program Bintang Nutricia, sejak tahun 2015 Danone Indonesia rutin bekerjasama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak di Jakarta, Banda (Maluku), Banda Aceh, dan Lombok," ujar Arif.

Terdiri dari lima cerita

Gambar Ilustrasi Orang Tua Membacakan Cerita Untuk Anak
Sumber: Freepik

Rangkaian dongeng ABCD dibuat khusus untuk dinikmati anak-anak yang duduk di bangku PAUD hingga SD. Visualisasi karakter yang unik serta cerita yang menarik diharapkan dapat membuat anak-anak belajar dengan cara yang tidak memberatkan. Selain itu, dongeng yang tersedia di kanal digital ini juga dapat menjadi alternatif bagi orang tua yang sedang mencari konten hiburan yang edukatif bagi anak-anak.

Tahun ini, dongeng ABCD terdiri dari 5 cerita kesehatan dan nutrisi; yaitu “Kenalan dengan Isi Piringku” (edukasi gizi seimbang Isi Piringku), “Cuci Dulu Dong!” (edukasi kebersihan tubuh dan tangan), “Ayo Gerak!” (edukasi pentingnya aktivitas fisik), “Makanan Sehat, Harus Aman!” (edukasi pangan yang aman), dan “Yuk Minum!” (edukasi pentingnya hidrasi sehat).

Ariyo Zidni, Founder Ayo Dongeng Indonesia serta Pengarang Cerita Dongeng ABCD menyatakan, bagi anak, dongeng adalah sebuah kegiatan menyenangkan yang dapat mendorong kemampuan mereka berimajinasi dan belajar. Selama berkegiatan di rumah, anak pasti juga mengalami rasa bosan dan mencari hiburan di sekitarnya.

"Dongeng ABCD ini dapat membantu orang tua mengisi waktu anak-anak dengan sesuatu yang menyenangkan dan edukatif. Sehingga, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan bahagia di rumah," ujar Ariyo.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓