4 Tips Membangun Kepercayaan Diri Kepada Si Kecil Sejak Dini

Gayuh Tri Pinjungwati01 Des 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 01 Des 2020, 12:15 WIB
anak tersenyum

Fimela.com, Jakarta Kepercayaan diri yang sehat adalah salah satu karakteristik terpenting dari perkembangan anak yang sehat. Faktanya, kesehatan sosial, perilaku, dan emosional seorang anak akan memainkan peran penting dalam cara mereka menangani kemunduran, tekanan teman sebaya, dan tantangan lain sepanjang hidup.

Kepercayaan diri yang positif juga merupakan faktor pelindung untuk kesehatan mental yang baik. Memupuk rasa percaya diri berkontribusi pada perilaku sosial yang positif dan berfungsi sebagai penyangga ketika anak terkena dampak situasi negatif. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Mom untuk membangun kepercayaan diri pada anak sejak dini.

Tunjukkan Cinta Tanpa Syarat Setiap Hari

Mengetahui betapa Mom mencintai mereka memberi anak-anak rasa aman dan memiliki yang sangat penting bagi pandangan mereka tentang diri mereka sendiri. Cinta tanpa syarat dari orangtua meletakkan dasar untuk semua hubungan yang sehat dan kuat yang akan mereka bentuk di kemudian hari.

Jadi peluklah anak-anak saat Mom mengucapkan selamat tinggal, meringkuk bersama dan membaca buku, dan ungkapkan cinta setiap hari. Saat anak tumbuh, fondasi cinta ini akan membantu mereka terus membangun lingkaran sosial mereka sendiri, berteman, dan membentuk ikatan dengan rekan satu tim.

Bermain Bersama dan Bersenang-senang

Saat Mom bermain dengan anak, itu menunjukkan kepada mereka bahwa orangtua suka menghabiskan waktu bersama mereka dan bahwa menghargai kehadiran anak. Hanya bersenang-senang dengan anak akan memiliki banyak manfaat bagi Mom dan anak.

Anak-anak tidak hanya mengembangkan kepercayaan diri pada kemampuan mereka untuk menjadi orang yang menarik dan menghibur yang dapat membentuk ikatan sosial yang kuat, tetapi penelitian telah menunjukkan peluang anak untuk menjadi bahagia meningkat dan risiko Depresi dan kecemasan mereka menurun ketika anak-anak terlibat dalam permainan yang sehat.

Beri Anak Tanggung Jawab dan Tugas

Anak belajar menulis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/fizkes

Bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaan rumah yang sesuai dengan usia membuat anak memiliki tujuan dan pencapaian. Meskipun mereka tidak melakukan sesuatu dengan sempurna, beri tahu mereka bahwa Mom menghargai upaya mereka. Puji mereka untuk semua hal yang mereka lakukan dengan baik, dan yakinkan mereka bahwa seiring waktu, mereka akan menjadi lebih baik dan lebih baik dalam banyak hal, termasuk tugas-tugas mereka.

Memiliki tugas dan tanggung jawab juga memberi anak-anak rasa kendali atas hidup mereka. Dan di saat segala sesuatunya tidak dapat diprediksi, memiliki tanggung jawab atas pekerjaan kecil di sekitar rumah dapat sangat membantu dalam membangun kepercayaan diri dan ketahanan.

Mendorong Kemandirian

Tahun-tahun sekolah dasar adalah masa kemandirian yang tumbuh cepat pada anak-anak. Pada saat mereka mencapai usia sekolah menengah, banyak anak mulai menghabiskan waktu sendirian di rumah, berjalan sendiri ke sekolah, dan membantu adik-adiknya. Penting bagi orangtua untuk membiarkan anak-anak tumbuh semakin mandiri, membiarkan mereka mencari cara untuk berbicara dengan guru tentang masalah mereka sendiri, mengatur tugas pekerjaan rumah, dan sebagainya.

Bekerja untuk membangun kepercayaan diri anak adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu Mom sebagai orang tua. Dan meskipun terkadang membutuhkan sedikit usaha ekstra, Mom akan menyiapkan anak-anak untuk sukses sekarang dan di masa depan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela