3 Manfaat Makeup Bareng Anak untuk Perkembangan Saraf Motoriknya

Novi Nadya01 Des 2020, 19:39 WIB
Diperbarui 01 Des 2020, 19:46 WIB
ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa kesal karena makeup kit kesayangan kita kita dipakai atau diacak-acak anak? Eits, jangan bete terlalu lama, sebab hal itu bisa membantu perkembangan saraf motoriknya. 

Kemampuan motorik anak dibagi menjadi dua, kasar dan halus. Motorik kasar adalah gerakan yang melibatkan kelompok otot besar seperti lengan, kaki, betis, atau seluruh tubuh anak. Sedangkan motorik halus adalah gerakan yang melibatkan otot-otot kecil dalam tubuh anak seperti tangan, jari, dan pergelangan tangan. 

"Perkembangan saraf motorik anak penting dirangsang sejak dini. Merangsang motorik halus bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana," ujar Psikolog Denrich Suryadi M.Psi dalam Parenting Talk bersama Amara. 

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ibu dan anak untuk merangsang saraf motorik halus si kecil adalah bermain dan belajar makeup. Berikut 3 tipsnya;

 

1. Anak usia 3 Tahun

Makeup anak
Anak bermain makeup melatih saraf motoriknya

Pada usia ini, anak mulai belajar meniru orang lain dan menjadikan orang terdekat sebagai idola terutama orangtua. Anak perempuan memiliki kecenderungan meniru apa yang dilakukan ibunya seperti berdandan.

Ajarkan ia memegang aplikator makeup mini seperti memulas bibir dengan mini lipstik, mewarnai kelopak mata dengan eyeshadow yang semua bisa jadi media merangsang saraf motorik halusnya. Pastikan juga produk yang digunakan memang khusus anak bukan punya ibunya seperti Amara Kids Cosmetics yang diformulasikan khusus untuk anak dan lulus uji BPOM.

 

 

2. Mengenal Warna

Selain merangsang perkembangan motorik, si kecil juga bisa sambil belajar mengenal warna dengan bermain cat kuku. Seperti Amara Nail Polish yang memiliki warna bervariasi dan membuat anak memiliki warna favoritnya sendiri atau melakukan mix & match warna.

 

 

3. Membersihkan Wajah

Setelah belajar dan bermain makeup, jangan lupa untuk membiasakan anak untuk membersihkan wajahnya. Meski terlihat sepele, namun gerakan memutar kapas ke seluruh wajah setelah menggunakan makeup juga efektif melatih motoriknya.

Ibu juga bisa membantu si kecil cara membersihkan wajah yang baik yang menjadi bekalnya hingga dewasa nanti. Pastikan juga menggunakan pembersih wajah yang aman bagi anak.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓