4 Tips Menyusui Si Kecil saat Bepergian Anti Ribet

Gayuh Tri Pinjungwati02 Des 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 02 Des 2020, 12:15 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta Mom akan menyusui bayi yang baru lahir atau masih kecil, setiap dua hingga tiga jam sekali siang dan malam. Itu cukup membuat kita merasa terikat dan terjebak di dalam rumah. Tetapi tidak harus seperti itu. Meninggalkan rumah bersama bayi yang disusui tidak hanya mungkin dilakukan, tetapi juga mudah.

Ini mungkin tampak membuat repot pada awalnya, tetapi setelah Mom keluar dan melakukannya, akan melihat bahwa menyusui saat dalam perjalanan sama sekali tidak begitu repot. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan Mom saat bepergian.

Gunakan Pakaian yang Santai

Mom mungkin ingin mengenakan pakaian atau gaun yang cantik, terutama jika sudah lama tidak keluar atau pergi ke tempat yang istimewa. Rasanya menyenangkan terlihat cantik. Tapi harus memikirkan kenyamanan dan kemudahan menyusui. Untungnya, ada beberapa pakaian dan gaun menyusui yang super imut atau bahkan pilihan pakaian non-menyusui yang bisa digunakan. Bra menyusui yang dapat dilakukan dengan satu tangan akan membuatnya lebih mudah dan tidak terlalu mencolok saat waktu menyusui.

Jangan Ragu untuk Menutupi

Setelah terbiasa, menyusui dengan pakaian menyusui bisa sama bijaknya dengan menggunakan penutup menyusui. Jika masih merasa tidak nyaman dan membutuhkan lebih banyak privasi, lakkanlah itu. Itulah gunanya penutup menyusui. Mereka memberikan privasi ekstra dan dapat membuat Mom merasa lebih percaya diri jika perlu menyusui ketika ada orang lain.

Bisa Menggunakan Posisi Seperti Kangguru

menyusui
ilustrasi ibu menyusui/Photo by Zahed Ahmad on Unsplash

Seekor induk kanguru menyimpan bayinya di dalam kantong, dan di sanalah bayinya terawat. Jika memiliki bayi yang baru lahir atau masih kecil, Mom juga dapat menjaga si kecil tetap dekat dengan tubuh, bukan di kantong, tapi di gendongan. Kemudian, jika sudah waktunya untuk menyusui, sesuaikan saja posisi anak dan lanjutkan dengan apa yang dikerjakan. Ini cara yang bagus untuk menyusui saat bepergian.

Buat Bayi Merasa Kenyang

Usahakan untuk tidak menunggu terlalu lama untuk memberi ASI kepada bayi setelah Mom menyadari dia lapar. Tidak akan terlihat jelas apakah anak lebih tenang saat waktunya untuk menyusui. Bayi yang terlalu lapar dan rewel mungkin mulai menangis atau rewel. Cobalah untuk memastikan anak merasa kenyang saat hendak bepergian.

Menyusui saat bepergian akan menjadi hal yang terlihat begitu ribet bagi sebagian orang. Tetapi dengan mengetahui beberapa tips di atas mungkin dapat membantu Mom untuk mengajak anak bepergian dengan tetap menyusinya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓