Sukses

Parenting

7 Penyebab Sakit Perut Umum pada Anak dan Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Fimela.com, Jakarta Sakit perut pada anak menjadi salah satu alasan paling umum bagi orangtua membawa putra atau putrinya berobat ke dokter. Evaluasi dari sakit perut di mana orangtua harus mengenali penyebabnya tentu menjadi tantangan bagi mereka.

Kemungkinan penyebab umum sakit perut pada anak bisa jadi karena hal sepele sampai mengacam jiwanya dengan sedikit perbedaan dalam keluhan dan gejala yang bisa dilihat pada anak. Untungnya sakit perut pada anak biasanya membaik dengan cepat.

 

Namun sekali lagi, para orangtua dan pengasuhnya selalu dihadapkan dengan keputusan sulit, perlukan membawa anak ke dokter, yang pasti jika tidak hilang dalam 24 jam, saatnya kita membutuhkan pertolongan. Berikut beberapa penyebab paling umum dari sakit perut pada anak.

1. Infeksi

Virus atau bakteri dapat menyebabkan sakit perut, biasanya dari flu perut atau flu usus yang biasa disebut gastroenteritis. Seringkali infeksi ini berhubungan dengan gejala gastrointestinal lainnya seperti kram, mual, dan diare. Infeksi virus cenderung sembuh dengan cepat, sementara infeksi bakteri mungkin memerlukan tindakan dengan pemberian antibiotik.

 

 

Penyebab Sakit Perut Anak

2. Berhubungan dengan makanan

Keracunan makanan juga punya gejala mirip flu perut atau usus. Alergi makanan atau mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan juga membuat sakit perut sementara.

 

3. Keracunan

Keracunan ini bisa disebabkan masalah sederhana, seperti makan sabun hingga masalah yang lebih serius seperti overdosis obat-obatan seperti keracunan asetaminofen (tylenol).

 

4. Masalah bedah dan medis

Masalah bedah untuk sakit perut termasuk radang usus buntu dan penyumbatan usus. Selain itu, hal-hal di luar perut juga bisa menyebabkan sakit perut, seperti komplikasi diabetes atau dari gigitan laba-laba.

 

 

Diare-Ruam

5. Diare

Ini juga menjadi sangat umum terjadi pada sakit perut dan seringkali mengindikasi jika virus adalah penyebabnya. Diare terutama jika disertai dengan muntah dapat menyebabkan dehidrasi, dan jika dalam kotoran terdapat darah cepatlah untuk mencari perawatan medis.

 

6. Masalah Buang Air Kecil

Nyeri perut juga bisa berhubungan dengan masalah buang air kecil. Yang dapat mengindikasikan infeksi kandung kemih dan merupakan alasan untuk mencari perawatan medis.

 

7. Ruam

Penyebab nyeri perut tertentu lainnya juga bisa disebabkan karena ruam. Kombinasi ruamh kulit dengan sakit perut menjadi alasan kita untuk menghubungi dokter.

Simak video berikut ini

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading