Sukses

Parenting

Alasan Penyebab Bayi Sering Cegukan, Apa Saja Ya?

Fimela.com, Jakarta Ketika anak masih bayi, tentu sangat sulit untuk mengetahui apa yang mereka rasakan. Salah satunya ketika si kecil cegukan.

Lalu mengapa bayi bisa cegukan? Hal ini terjadi karena bayi dan bayi baru lahir sama sekali tidak berbahaya dan hanya satu tanda pertumbuhan dan perkembangan bayi.

"Cegukan, yang terjadi di saluran pencernaan, hampir tidak pernah menunjukkan adanya masalah pada bayi baru lahir atau bayi," kata Christal-Joy Forgenie, MD, seorang dokter anak di Soha Pediatrics di New York City melansir the Bump.

Sama seperti pada orang dewasa, cegukan bayi disebabkan oleh kejang diafragma kecil dan berkembang bayi, otot besar yang membentang di bagian bawah tulang rusuk dan bergerak naik turun saat kita bernapas.

Cegukan pada bayi baru lahir paling sering disebabkan oleh bayi yang terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, atau menelan banyak udara.

"Semua hal ini dapat menyebabkan perut kembung," kata Forgenie. Saat perut membengkak, ia sebenarnya mendorong diafragma, yang menyebabkannya kejang, dan cegukan.

Forgenie menambahkan bahwa cegukan pada bayi baru lahir sangat umum terjadi setelah atau bahkan selama menyusui.

Perubahan suhu bayi

Bayi cegukan juga bisa terjadi akibat perubahan suhu perut secara tiba-tiba. Misalnya, memberi bayi susu dingin dan beberapa menit kemudian memberi anak makanan panas. Menurut Forgenie, kombinasi ini justru bisa memicu bayi cegukan.

Selain pemicu terkait makan, sesekali kasus cegukan bayi atau bayi baru lahir yang terus-menerus dapat disebabkan oleh sesuatu yang sama sekali berbeda. Penyebabnya biasanya gastroesophageal reflux, atau GER seperti yang sering disebut.

Ketika bayi menderita gastroesophageal reflux, makanan yang dicerna sebagian dan cairan asam dari lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa terbakar dan tidak nyaman. Karena esofagus melewati diafragma, ia bisa mengalami iritasi dan menyebabkan banyak bayi cegukan. “Kedengarannya intens, tapi ini cukup umum dan tidak selalu menimbulkan masalah bagi bayi,” kata Forgenie.

Berapa lama cegukan bayi berlangsung?

Bayi dapat mengalami cegukan beberapa kali sehari, berlangsung selama 10 menit atau lebih. Sebagai aturan umum, jika bayi bertingkah bahagia dan tidak terlihat tidak nyaman, bayi cegukan tidak perlu dikhawatirkan.

“Ini bisa mengkhawatirkan, terutama bagi ibu dan ayah baru, tetapi cegukan cenderung hilang setelah beberapa menit,” kata Robin Jacobson, MD, asisten profesor klinis pediatri di Rumah Sakit Anak Hassenfeld di NYU Langone di New York City.

Orang tua bisa menunggu dan membiarkan cegukan selesai dengan sendirinya. Jika cegukan berlanjut dan tampaknya menyebabkan bayi tertekan, hubungi dokter anak untuk mencari tahu penyebabnya.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading