4 Urutan Membuat MPASI yang Mudah dan Menyehatkan

Kezia Prasetya Christvidya25 Des 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 25 Des 2020, 15:15 WIB
mpasi-kezo

Fimela.com, Jakarta Makanan pendamping air susu ibu atau yang disebut MPASI, adalah makanan tambahan yang diberikan pada bayi saat memasuki umur 6 bulan. Karena mengonsumsi ASI saja tidak bisa mencukupi nutrisi bayi saat sedang tumbuh dan berkembang.

MPASI yang diberikan untuk bayi harus memiliki kandungan yang kaya akan protein, energi dan mikronutrien lainnya, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging atau ikan.

Agar MPASI menyehatkan bayi, maka saat membuat MPASI harus dilakukan dengan urutan yang benar. Berikut urutan membuat MPASI yang benar dan menyehatkan, dilansir dari berbagai sumber:

Cuci dengan Air Mengalir

ilustrasi urutan membuat mpasi/Oksana Kuzmina/pexels
ilustrasi urutan membuat mpasi/Oksana Kuzmina/pexels

Urutan membuat MPASI yang pertama adalah mencuci bahan dengan air mengalir. Mencuci sayur, buah serta daging-dagingan dengan air mengalir, sangat efektif untuk membersihkan bahan MPASI agar terhindari dari kuman atau bakteri penyebab penyakit.

Selain bahan makanan yang dicuci, Mom harus mencuci peralatan yang digunakan untuk memasak dan makan, menggunakan air mengalir dan sabun yang bebas deterjen.

Hindari merendam bahan makanan dengan air terlalu lama, karena bisa mengurangi gizi yang terdapat dalam makanan tersebut, apalagi jika buah dan sayurnya memiliki kandungan vitamin C yang mudah larut.

Jangan Memasak Terlalu Lama

ilustrasi urutan membuat mpasi/Africa Studio/shutterstock
ilustrasi urutan membuat mpasi/Africa Studio/shutterstock

Urutan selanjutnya yaitu memasak MPASI. Saat memasak MPASI dengan cara merebus, seperti merebus daging, sayur dan telur, jangan merebus bahan makanan tersebut terlalu lama.

Gunakan api sedang, air yang cukup dan waktu yang sedang, agar saat merebus bahan makanan itu tidak mengurangi gizi yang terkandung di dalamnya.

Perlu diperhatikan pada saat merebus sayur, Mom harus memperhatikan kadar air saat merebus sayur, karena sayur sangat mudah layu saat diolah dengan rebusan.

Jangan Menggunakan Blender

ilustrasi urutan membuat MPASI/Romanova Anna/shutterstock
ilustrasi urutan membuat MPASI/Romanova Anna/shutterstock

Blender adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan makanan. Walaupun blender bisa menghaluskan makanan dengan sempurna, tetapi blender bisa mengurangi gizi yang terdapat dalam bahan makanan.

Hal ini disebabkan karena blender memiliki pisau yang tajam dan mengeluarkan suhu panas. Kemudian saat mengolah makanan menggunakan blender, harus disertai air yang bisa membuat vitamin makanan tersebut terurai.

Urutan untuk membuat MPASI dengan menghaluskan makanan, bisa dilakukan dengan cara menghaluskan dengan cobek, atau lebih baik makanan tersebut ditekan dengan sendok sampai halus.

Disaring

ilustrasi urutan membuat mpasi/ amsw photography/pexels
ilustrasi urutan membuat mpasi/ amsw photography/pexels

Saat bayi berusia 6 hingga 8 bulan, bayi membutuhkan MPASI yang bertekstur sangat lembut. Sehingga urutan yang terakhir membuat MPASI adalah menyaring makanan yang telah dihaluskan.

Tetapi pada bayi yang berusia 9bulan lebih, MPASI tidak perlu disaring agar tekstur makanan tetap kasar. Hal ini dilakukan supaya bayi tidak malas pada saat mengunyah.

Resep MPASI Wortel dan Kentang

ilustrasi urutan membuat mpasi/yan/pexels
ilustrasi urutan membuat mpasi/yan/pexels

Bahan yang diperlukan:

  • 5 sendok makan nasi putih
  • 1 batang seledri
  • 1 batang wortel berukuran kecil
  • 1 buah kentang berukuran kecil
  • ASI atau susu formula secukupnya

Cara Memasak:

  1. Cuci bersih semua bahan.
  2. Masak nasi putih sampai menjadi bubur. Taburkan seledri ke dalam nasi.
  3. Lalu kukus kentang dan wortal sampai empuk.
  4. Setelah itu campurkan semua bahan dengan ASI. Sajikan.

 

Lanjutkan Membaca ↓