Sukses

Parenting

Jawab Kegundahan Mama Soal Imunitas Anak yang Lahir Caesar, Simak Postingan Expert Berikut

Fimela.com, Jakarta Mempersiapkan diri menjadi calon Mama baru memang nggak mudah. Untungnya perkembangan teknologi digital membuat arus informasi jadi lebih mudah. Untuk mengetahui fakta-fakta kehamilan sekarang nggak hanya bisa diambil dari buku saja. Media sosial seperti Instagram juga banyak dimanfaatkan sebagai media sharing ilmu bermanfaat sehingga proses belajar jadi calon Mama jadi lebih gampang dan menyenangkan.

Tapi, nggak jarang informasi yang diberikan malah bikin Mama jadi resah. Misalnya saja seperti postingan dari akun Instagram @temanbumil yang menginformasikan bahwa ada hubungan kelahiran caesar tentang imunitas si Kecil. Hal ini jelas bikin panik Mama yang akan atau sudah melahirkan secara caesar. Banyak Mama yang mengajukan pertanyaan di media sosial tentang kebenaran fakta yang satu ini. Wajar sih, karena pastinya setiap Mama ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, kan.

Menjawab kegundahan para Mama yang bermunculan di media sosial, dr. Attila Dewanti Sp.A(K) yang dikenal sebagai spesialis anak berpengalaman memberikan penjelasan lewat sebuah video di akun Instagram pribadinya. Cari tahu faktanya biar nggak panik berlebihan yuk!

Fakta: Kelahiran Caesar Berdampak Pada Imunitas si Kecil

Dalam video unggahannya, dr. Attila membenarkan jika metode kelahiran caesar berdampak pada imunitas si kecil. Ia pun memberikan penjelasan secara ilmiah namun dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk para Mama di rumah.

Pada proses persalinan caaesar, si Kecil akan lahir tidak melewati jalan lahir yang seharusnya yaitu pada vagina. Maka si kecil akan kehilangan kesempatan berpapasan atau terpapar bakteri-bakteri baik yang ada di jalan lahirnya. Jadi, si Kecil tidak memiliki bakteri-bakteri baik ini. Padahal, bakteri tersebut akan berfungsi melawan bakteri jahat seperti penyakit dan juga akan menunjang saluran cerna si Kecil. Maka dari itu, si Kecil yang lahir secara caesar akan lebih sensitif daya tahan tubuhnya dibandingkan anak yang lahir secara normal,” ungkap dr. Attila dalam video tersebut.

Berikan ASI Eksklusif untuk Si Kecil

Meskipun imunitas si Kecil yang lahir caesar jadi lebih sensitif, tapi dr. Attila menekankan agar Mama tidak perlu khawatir jika akan melalui atau bahkan sudah menjalani kelahiran caesar. Karena pada dasarnya apapun metode kelahiran yang ditempuh Mama adalah demi keselamatan si Kecil dan juga Mama.

"Perihal risiko yang tadi saya jelaskan Mama juga nggak perlu khawatir ya karena risiko imunitas si Kecil bisa ditangani dengan pemberian ASI." Lanjut dr. Attila.

Dr. Attila memberikan penjelasan pentingnya ASI untuk 1000 hari pertama kehidupannya. Menurut sang dokter, pada 1000 hari kehidupannya inilah yang akan mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil kelak.

"Sebagaimana yang kita ketahui ASI itu banyak sekali kandungan yang essensial untuk tumbuh kembangnya. Di dalam ASI ada yang namanya oligosakarida atau yang dikenal sebagai prebiotik, yaitu makanannya bakteri baik. Sementara bakteri baik dalam ASI disebut probiotik. Ada sekitar 200 mikroorganisme yang baik di dalam ASI. Kemudian kombinasi prebiotik dan probiotik kita kenal dengan nama synbiotic. Inilah yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan sistem cerna si Kecil agar tetap optimal. Dengan sistem saluran cerna yang optimal pada si Kecil, maka diharapkan tumbuh kembangnya pun akan optimal di kemudian hari," papar dr. Attila.

Nggak Perlu Cemas Jika Akan atau Sudah Menjalani Kelahiran Caesar

Di akhir videonya, dr. Attila pun menjelaskan jika Mama nggak perlu khawatir jika harus melahirkan secara caesar, karena metode ini pastinya pilihan terbaik dari dokter untuk keselamatan Mama dan si Kecil. Jangan lupa untuk terus memberikan ASI eksklusif untuk si Kecil demi mengoptimalkan imunitasnya.

"ASI eksklusif selama 6 bulan adalah solusi yang terbaik untuk si Kecil. Untuk Mama yang akan melahirkan secara caesar, tetap semangat dan lakukan persiapan yang telah disarankan oleh dokter kandungannya. Dan unuk Mama yang sudah melahirkan secara caesar, selamat ya! Dan kini mama sudah tahu solusi apa yang perlu dilakukan, yaitu berikan ASI eksklusif." Pungkas dr. Attila.

Penjelasan yang diberikan oleh dr. Attila langsung direspon oleh para Mama di media sosial. Banyak yang merasa lega karena mendapatkan pengetahuan baru tentang hal yang satu ini. Seperti yang tanggapan yang diberikan oleh Mama Antik Arifani dan Feby Rizky yang mengajak para Mama lainnya untuk tidak merasa cemas jika akan atau sudah menjalani kelahiran caesar.

Membekali diri dengan informasi yang tepat dan akurat soal metode kelahiran caesar, risiko, dan solusinya, Mama jadi lebih #SiapLewatiCaesar apapun risikonya karena bisa melakukan berbagai persiapan yang diperlukan. Temukan juga informasi terkait metode kelahiran caesar dan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil dengan mengikuti C-Ready Class.

C-Ready Class merupakan rangkaian Webinar dengan Expert untuk mempersiapkan Mama pada masa kehamilan dan pasca melahiran. Mama juga bisa mengunjungi website C-Ready dari Nutriclub untuk dapat membaca informasi lainnya.

Apapun metode persalinan yang dijalani Mama, tetap semangat dan berdoa untuk yang terbaik ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading