4 Jenis Latihan Fisik untuk Membantu Perempuan Cepat Hamil

Imelda Rahma21 Jan 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 09:42 WIB
Latihan fisik

Salah satu impian dari seorang perempuan yang sudah menikah ialah cepat memiliki momongan. Untuk mendapatkannya, jangka waktu perempuan bisa hamil berbeda-beda, tergantung dari kondisi kesehatan dan juga kesuburannya. Untuk itu, kamu perlu tahu hal apa saja yang bisa membantu kamu agar cepat hamil.

Mudah saja, salah satu cara agar cepat hamil ialah dengan melakukan jenis latihan fisik tertentu yang akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Selain membantu agar kamu cepat hamil, latihan fisik juga merupakan bentuk dari penerapan pola hidup sehat.

Menerapkan kebiasaan latihan fisik akan membantu tubuh mempersiapkan kehamilan yang sehat. Alhasil, kondisi tubuh yang bugar nantinya juga akan berdampak pada kesuburan dan membantu kamu agar cepat hamil.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 jenis latihan fisik untuk membantu perempuan cepat hamil. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Yoga

Yoga
Ilustrasi Yoga Credit: pexels.com/Cliff

Jenis latihan fisik untuk membantu perempuan agar cepat hamil yang pertama ialah dengan yoga. Yoga prenatal sering diperbincangkan akhir-akhir ini dan jika kamu tengah merencanakan penundaan kehamilan, yoga adalah pilihan terbaik. Yoga sangat membantu baik sebelum, saat mapun sesudah kehamilan.

Yoga tidak hanya membantu membentuk tubuh, tapi juga membantu menghilangkan stres, tekanan dan menawarkan kesehatan pikiran maupun tubuh yang dibutuhkan tubuh untuk menopang kehamilan.

Pilates

Pilates
Ilustrasi Pilates Credit: pexels.com/Anthony

Jenis latihan fisik untuk membantu perempuan agar cepat hamil yang kedua ialah pilates. Manfaat inti dari pilates yaitu membuat otot fleksibel, meningkatkan kekuatan fisik, memperbaiki bentuk tubuh dan tidak membuat tubuh tegang saat latihan.

Pilates juga menawarkan tingkat kebugaran dan keseimbangan refleks, memastikan tubuh kamu tetap sehat selama 9 bulan. Selain itu pilates juga aman dilakukan sebelum dan saat kehamilan.

Latihan Ketahanan Otot

Latihan Ketahanan Otot
Ilustrasi Latihan Ketahanan Otot Credit: pexels.com/Nathan

Jenis latihan fisik untuk membantu perempuan agar cepat hamil yang ketiga ialah latihan ketahanan otot. Latihan angkat barbel merupakan pilihan terbaik untuk mempertahankan ukuran tubuh dan memperkuat inti otot.

Di waktu yang sama, mengangkat barbel kecil dengan rutin dapat membangun daya tahan perut bagian atas, panggul dan kaki, membuat mereka tetap kuat untuk mengangkat perut yang besar ketika hamil. Latihan jangka panjang dapat membantu kamu menunda kelebihan berat badan.

Berjalan Kaki

Berjalan Kaki
Ilustrasi Latihan Fisik Credit: pexels.com/Jeshoots

Terakhir, Jenis latihan fisik untuk membantu perempuan agar cepat hamil yang kempat ialah berjalan kaki. Tidak diragukan lagi, latihan fisik berjalan dalam jangka waktu tertentu adalah metode teraman dan termudah untuk tetap bugar serta cocok untuk semua kalangan.

Saat hamil muda (awal kehamilan) atau merencanakan kehamilan, hanya dengan meningkatkan aktivitas fisik dan jalan santai akan memperbanyak kesempatan hamil. Studi menemukan perempuan yang melakukan rutinitas jalan selama 10-20 menit sehari, dapat meningkatkan kesempatan hamil hingga 80% selama 6 siklus. Terutama bagi wanita gemuk (overweight) atau wanita yang memiliki riwayat infertilitas (tidak subur) sebelumnya.

Lanjutkan Membaca ↓