Sukses

Parenting

5 Rekomendasi Makanan Terbaik saat Hamil agar Bayi Tumbuh Cerdas

Setiap calon ibu yang tengah mengandung pasti mengharapkan anaknya kelak bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Untuk mewujudkannya, tentu saja ibu hamil perlu beberapa asupan gizi yang harus terpenuhi karena apa yang dikonsumsi saat masa kehamilan amat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin.

Ibu hamil yang menginginkan anaknya cerdas tidak bisa mengonsumsi makanan secara bebas dan seenaknya. Perlu adanya perhatian khusus terhadap pemenuhan gizi saat hamil. Pemenuhan gizi juga tidak semata-mata untuk mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan, tetapi juga upaya agar ibu dan janin tetap dalam keadaan sehat sampai proses melahirkan tiba.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu tahu makanan apa saja yang mengandung banyak gizi untuk memenuhi kebutuhan agar bayi tumbuh dengan cerdas. Hal penting dan perlu diingat bahwa usaha untuk mencerdaskan anak memang sebaiknya dilakukan sejak masih dalam kandungan.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 rekomendasi makanan terbaik saat hamil agar bayi tumbuh cerdas. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, selada, kangkung dan brokoli adalah makanan yang kaya nutrisi juga vitamin. Makanan ini tak hanya membuat tubuh ibu sehat tetapi juga membuat perkembangan fisik maupun psikis janin di kandungan lebih mengesankan.

Sayuran seperti bayam juga kaya asam folat, zat besi dan vitamin lainnya yang dibutuhkan otak anak. Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD), kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang.

Menurut penelitian, anak-anak yang ibunya mengonsumsi asam folat, secara keseluruhan memiliki tingkat kecerdasan emosional dan ketahanan yang lebih tinggi serta kosa kata yang lebih banyak. Adapun zat besi membantu untuk mengirim oksigen ke sel-sel otak bayi selama kehamilan, dengan begitu perkembangan otak janin pun berjalan optimal.

Daging Ikan

Makanan terbaik untuk ibu hamil agar bayi cerdas berikutnya adalah daging ikan. Ikan adalah makanan yang memiliki rasa enak serta menggugah selera. Ikan juga mengandung nutrisi yang sangat baik buat tumbuh kembang otak anak.

Salah satu unsur yang berperan penting dalam perkembangan otak adalah Asam lemak omega-3. Salah satu sumber omega-3 yang sangat tinggi terdapat pada ikan seperti salmon, makarel, tenggiri, sarden, halibut, tuna, dan kod. Ibu hamil disarankan untuk makan ikan sebanyak 2 porsi atau lebih seminggu.

Tapi ingat, saat mengonsumsi ikan usahakan untuk memastikan bahwa ikan tersebut tidak mengandung logam berat merkuri atau bahan lain yang berbahaya buat janin juga ibu. Sebaiknya ikan dikonsumsi setelah dimasak hingga benar-benar matang.

Yoghurt

Yoghurt adalah makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil jika ingin mendapatkan anak cerdas. Yogurt mengandung protein, kalsium dan yodium yang sangat dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Makanan kaya protein seperti yoghurt diperlukan untuk membentuk sel-sel saraf yang sehat di dalam rahim ibu untuk perkembangan kognitif bayi. Yoghurt juga baik untuk tulang bayi dengan kandungan probiotiknya.

Berbagai Jenis Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya yang bisa membuat anak cerdas dan sebaiknya dikonsumsi ibu sejak anak di kandungan adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai adalah sumber asam folat yang baik buat otak anak.

Kacang-kacangan seperti almond dan walnut merupakan sumber asam folat yang sangat baik untuk Ibu hamil dan janin. Almond sendiri kaya dengan protein, lemak sehat, magnesium, dan vitamin E. Selain itu, almond dan walnut juga mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan otak.

Buah Beri

Ibu hamil juga sebaiknya rajin mengonsumsi buah-buahan. Berbagai jenis buah beri seperti bluberi, stroberi, dan raspberi, selain memiliki rasa yang segar, juga bisa membantu optimalisasi pembentukan sistem syaraf pada janin yang dikandung.

Buah beri kaya akan fitokimia yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan melindungi jaringan otak janin dari radiasi serta membuat otak janin menjadi lebih sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading