4 Cara Menghilangkan Kembung pada Bayi

Anisha Saktian Putri21 Jan 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 14:00 WIB
Jika Bayi Diare, Anda Perlu Melakukan Ini (SpeedKingz/shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Perut kembung dapat terjadi pada bayi, bahkan ketika baru lahir. Keadaan ini membuat si kecil tidak nyaman, alhasil membuat anak rewel.

Ada banyak penyebab yang membuat bayi menjadi kembung, seperti terlalu banyak menelan udara saat sedang minum susu, menghisap empeng atau menangis, seiring bertambahnya usia bayi, perut kembung bisa disebabkan karena sistem pencernaan yang belum berfungsi sempurna, tetapi sudah mencoba banyak makanan yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana cara menghilangkan kembung pada bayi? Berikut ulasannya melansir flo.health.

1. Ganti peralatan si kecil

air putih pada bayi
Air putih baru diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas./Copyright shutterstock.com

Jika bayi mengeluarkan banyak gas dari pemberian susu botol, mungkin ada baiknya mencoba berbagai jenis kombinasi dot dan botol. Dot lembut, yang berkontur di sepanjang bibir dan mulut bayi, dapat membantu mencegah aliran udara berlebih yang tidak disengaja saat bayi minum.

Selanjutnya ASI harus dapat mengalir secara perlahan dan bertahap agar bayi memiliki cukup waktu untuk minum tanpa perlu menelannya secara berlebihan. Saat menyusui dengan botol, sebaiknya bayi membutuhkan waktu antara 20 menit hingga satu jam untuk menyelesaikan makannya.

Jika mereka selesai dalam lima menit, si kecil menelan terlalu cepat dan menelan udara berlebih. Dalam kasus seperti ini, aliran puting mungkin terlalu besar untuk usianya. Cobalah beralih ke puting susu dengan aliran yang lebih lambat.

2. Sesuaikan posisi makan

Saat memberi susu botol atau menyusui bayi, sesuaikan posisi makannya untuk mencegah perut bayi kembung. Jaga agar kepalanya lebih tinggi dari perutnya.

Posisi ini membantu ASI bergerak ke bagian bawah perut dan udara ke atas, yang membantu bayi bersendawa. Juga bisa menggunakan bantal menyusui untuk memberikan penyangga dan sedikit menaikan botol menyusui agar tidak ada gelembung udara di dalam puting.

3. Sendawakan bayi

Bayi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Salah satu cara terbaik untuk meredakan kembung adalah dengan membuat bayi bersendawa saat mereka menyusui dan setelahnya. Alih-alih bersendawa saat makan, tunggulah sampai mereka istirahat atau memperlambat.

Jika tidak, anak mungkin marah, menangis, dan menelan lebih banyak udara dalam prosesnya. Gunakan posisi bersendawa yang paling nyaman bagi mereka.

Pijat juga dapat membantu meredakan gas pada bayimu.

4. Hati-hati tentang makanan

Untuk meredakan kembung pada bayi, bicarakan dengan dokternya tentang makanan yang dapat menyebabkan gas berlebih. Beberapa jus buah mengandung sorbitol atau alkohol gula yang tidak dapat diserap bayi sehingga menyebabkan gas. Dokter juga akan memastikan bayi mendapatkan semua nutrisi penting yang mereka butuhkan.

Jika sedang menyusui, makanan yang ibu makan juga dapat menyebabkan bayi mengeluarkan gas. Jika memberikan susu formula kepada bayi, dapat mencoba mengganti merek. Beberapa merek mengklaim mencegah gas.

 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓