Dampingi Anak Belajar Gaya dan Gerak dari Rumah, Yuk Nonton Video Interaktif dari Kemendikbud

Wuri Anggarini22 Jan 2021, 10:50 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 10:56 WIB
Dampingi Anak Belajar Gaya dan Gerak dari Rumah, Yuk Nonton Video Interaktif dari Kemendikbud

Fimela.com, Jakarta Belajar dari rumah masih terus menjadi kebijakan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka pencegahan pandemi. Biarpun kegiatan belajar di rumah bisa bikin anak-anak menghabiskan waktu lebih banyak bersama orang tua, tapi nggak jarang malah bikin orang tua jadi kebingungan sendiri saat mencari materi pembelajaran yang mudah dipahami anak-anak. Misalnya saat menjelaskan science sederhana seperti yang berhubungan dengan gaya dan gerak serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Untungnya program Belajar dari Rumah dari Kemendibkdud yang disiarkan di TVRI bisa membantu para ibu dan anak-anak sekolah mendapatkan materi pembelajaran yang lebih mudah dalam format video interaktif yang gampang dipahami. Khusus buat orang tua yang anaknya menginjak usia kelas 4 dan 5 SD, intip dulu materi pembelajaran tentang gaya dan gerak serta pengaplikasiannya dalam transportasi laut berikut ini, yuk!

Belajar Gaya dan Gerak bersama Si Kecil

Dampingi Anak Belajar Gaya dan Gerak dari Rumah, Yuk Nonton Video Interaktif dari Kemendikbud
(c) Shutterstock

Di episode 1 program Belajar dari Rumah yang disiarkan di TVRI, akan mengajak anak mempelajari lebih dalam tentang Gaya dan Gerak bersama Kak Kafi dan Angel untuk kelas 4 SD. Keduanya membawakan materi dengan interaktif dan mudah dipahami.

Dalam video tersebut, Kak Kafi menjelaskan gaya adalah tarikan atau dorongan yang terjadi pada suatu benda. Jika gaya ini mengenai sebuah benda, maka benda tersebut bisa mengalami perubahan posisi, perubahan gerak, atau perubahan bentuk. Gaya sendiri ada beberapa jenis, yaitu Gaya Otot, Gravitasi, Gesek, Magnet, dan Listrik.      

Setelah mempelajari pengertian Gaya, Kak Kafi dan Angel juga mengulik lebih jauh tentang apa itu gerak. Definisi gerak adalah suatu perubahan tempat atau kedudukan suatu benda baik sekali maupun berkali-kali.  Gaya dan gerak ini ternyata juga saling berhubungan karena nggak akan terjadi sebuah gaya kalau nggak diawali dari gerak.

Memasuki segmen kedua, pembelajaran yang diberikan juga nggak kalah seru karena keduanya mempelajari transportasi darat. Mungkin banyak nih anak-anak yang kepo dengan jarum yang bergerak naik turun di dekat kemudi saat sedang naik mobil bersama orang tuanya. Itulah yang disebut spidometer yang berfungsi untuk mengukur kecepatan motor dan mobil. Kak Kafi dan Angel mengajak teman-teman di rumah untuk mempelajari apa itu spidometer dan bagaimana cara membacanya.

Materi Transportasi Laut untuk Kelas 5 SD

Dampingi Anak Belajar Gaya dan Gerak dari Rumah, Yuk Nonton Video Interaktif dari Kemendikbud
(c) Shutterstock

Materi untuk kelas 5 SD dibawakan dengan fun banget bersama Kak Kinan. Nah, di episode kali ini tema yang dihadirkan adalah Transportasi Laut. Sebelum memasuki pembahasan transportasi, Kak Kinan memperkenalkan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi gerak suatu benda. Misalnya saja luas suatu benda, seberapa kasar permukaannya, dan berat benda itu sendiri.

Di segmen kedua, anak-anak kelas 5 SD akan diajak mengenal transportasi laut bersama Andi dan ayahnya. Transportasi laut pada umumnya menggunakan kapal yang nggak hanya mengangkut orang saja, tapi juga mengangkut barang. Nggak hanya mengenal jenis kapal laut yang ada, Andi juga belajar berbagai bentuk dan ruang, seperti membedakan bentuk kapal laut dan kubus, serta jarring-jaring mana yang bisa membentuk kubus dengan sempurna.

Video pembelajaran dari Kemendikbud yang tayang di TVRI ini juga interaktif banget. Nggak hanya berisi penjelasan saja, tapi juga menampilkan ilustrasi contoh gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. jadi memudahkan si kecil dalam menyerap pembelajaran. Selain itu, ada juga sesi latihan dan quiz untuk pendalaman materi yang dibawakan dengan cara yang fun.

Gimana, video pembelajaran dari Kemendikbud mudah banget dipahami dan bisa jadi materi belajar yang menyenangkan untuk anak-anak kan, Moms? Yuk, damping terus anak selama belajar di rumah dengan nonton program Belajar dari Rumah yang disiarkan di TVRI setiap Senin - Jumat jam 10.00 - 10.30 WIB untuk kelas 4 dan sederajat serta jam 10.30 - 11.00 WIB untuk kelas 5 dan sederajat.

Lanjutkan Membaca ↓