Kenalkan Serba-Serbi Transportasi Darat pada Anak, Roda Jadi Komponen Penting Lho

Wuri Anggarini22 Jan 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 13:00 WIB
Kenalkan Serba-Serbi Transportasi Darat pada Anak, Roda Jadi Komponen Penting Lho

Fimela.com, Jakarta Sepeda, motor, dan mobil mungkin jadi alat transportasi yang sudah nggak asing lagi buat anak-anak. Tapi, nggak jarang nih mereka jadi ingin tahu tentang cara kerja dari kendaraan yang jadi sarana mobilitasnya sehari-hari. Menjawab pertanyaan mereka dengan tepat sangat penting lho untuk membantu proses belajar mereka. Biar makin mudah dipahami, bantu anak memahami transportasi darat lebih mendalam lewat video program Belajar dari Rumah yang dihadirkan oleh Kemendikbud ini, yuk!

Kenapa Kendaraan yang Memiliki Roda Bisa Bergerak Saat Berjalan?

Dalam video Belajar dari Rumah Episode 2 dengan tema Roda dan Gaya Gesek, Kak Kafi dan Angel mengajak teman-teman di rumah untuk memecahkan misteri yang mungkin sering bikin kepo. Kenapa sih kendaraan yang punya roda bisa bergerak saat berjalan dan berhenti saat direm?

Kenalkan Serba-Serbi Transportasi Darat pada Anak, Roda Jadi Komponen Penting Lho
(c) Kemendikbud

Ternyata, hal tersebut terjadi karena adanya gaya tarikan atau dorongan pada roda dan jalan. Hal ini dikenal dengan istilah gaya gesek, yaitu gaya yang terjadi antara dua permukaan benda yang saling bersentuhan. Fun factnya, roda diduga sudah ditemukan sejak zaman prasejarah. Namun, saat itu roda masih terbuat dari batang kayu yang bisa digelindingkan.

Seiring berkembangnya zaman, roda memegang peranan penting dalam alat transportasi. Fungsinya tentu saja untuk memudahkan perpindahan barang sekaligus sebagai alat transportasi. Melihat fungsinya, pernah kebayang nggak gimana jadinya alat transportasi jika roda tidak pernah ditemukan?

Nggak hanya belajar tentang transportasi, Kak Kafi dan Angel juga saling berdiskusi tentang penggunaan kata depan 'di' yang ternyata ada yang harus dipisah dan disambung sesuai dengan fungsinya. Kata 'di' harus ditulis terpisah jika berfungsi sebagai kata depan, misalnya saat menulis di kantin, di belakang, di depan pintu. Sementara itu penulisan disambung jika 'di' berfungsi sebagai imbuhan. Contohnya saat menulis diikuti, ditemani, atau diajari.

Di segmen kedua, Kak Kafi dan Angel mengajak teman-teman di rumah untuk mengintip lebih jauh bagian detail yang ada pada roda, salah satunya adalah jari-jari. Fungsinya adalah menopang bentuk ban yang melingkar. Nggak hanya sampai di situ, Kak Kafi dan Angel juga berbagi cara mengukur sudut pada roda.

Cari Tahu Lebih Lanjut Tentang Transportasi Darat

Di video pembelajaran kelas 5 SD yang bertema Transportasi Darat, Kak Kinan, Sita, dan Deni akan berbagi cerita tentang transportasi darat.

Roda jadi komponen paling penting yang membantu pergerakan transportasi darat. Nah, Indonesia sendiri punya ragam geografis yang berbeda. Seperti jalanan menanjak, lurus, berbatu, dan sebagainya. Transportasi darat sendiri ada beragam jenisnya, mulai dari yang menggunakan mesin dan tanpa mesin. Ciri paling terlihat pada transportasi darat tanpa mesin adalah digerakkan dengan tenaga manusia atau hewan, seperti sepeda atau becak. Meskipun harus memakan waktu lama saat menempuh jarak jauh, tapi kendaraan tanpa mesin lebih ramah lingkungan.

Kenalkan Serba-Serbi Transportasi Darat pada Anak, Roda Jadi Komponen Penting Lho
(c) Shutterstock

Sementara itu, kendaraan dengan mesin atau yang disebut juga sebagai kendaraan bermotor punya ciri khas adanya mesin yang mengubah bahan bakar jadi energi gerak. Ada juga alat pengukur kecepatan yang disebut spidometer.

Di segmen kedua, Kak Kinan mengajak anak-anak di rumah untuk membayangkan gimana jadinya kalau roda kendaraan berbentuk kubus, bukan bulat radial. Roda nggak hanya berfungsi menopang bobot kendaraan, tapi juga melancarkan pergerakannya. Jika roda berbentuk kubus, pastinya akan susah mengalami pergerakan karena adanya 4 titik sudut yang menghambat pergerakan kendaraan.

Di segmen ini, anak-anak di rumah juga diajarkan untuk membongkar transformasi perubahan bentuk dari kubus hingga jadi bulat radial seperti roda.

Mendampingi anak belajar di rumah ternyata menyenangkan bukan? Apalagi dengan adanya materi video pembelajaran dari Kemendikbud yang interaktif dan mudah dipahami. Program Belajar dari Rumah yang dihadirkan Kemendikbud sendiri tayang setiap Senin – Jumat jam 10.00-10.30 WIB untuk siswa kelas 4 SD dan 10.30-11.00 WIB untuk siswa kelas 5 SD. Yuk, dukung terus anak agar selalu semangat belajar di rumah ya!

Lanjutkan Membaca ↓