Sukses

Parenting

7 Obat Sakit Gigi Anak Alami Ampuh Usir Rasa Sakit

Fimela.com, Jakarta Anak-anak sering sakit gigi, faktornya pun bermacam-macam. Seperti kerusakan gigi jika tidak dirawat dengan benar, botol susu, hingga sering makan-makanan manis berlebihan. 

Saat anak mengalami sakit gigi, hal ini memerlukan perhatian segera, agar tidak menyebabkan masalah serius seperti infeksi bakteri gigi tanggal. Sebelum membawa si kecil ke dokter gigi, berikut beberapa pengobatan rumahan untuk membantu meredakan rasa sakit gigi si kecil, melansir Dentistryondusk.

1. Kumur Air Garam Hangat

Salah satu cara yang telah dicoba dan teruji untuk meredakan sakit gigi adalah berkumur dengan air garam. Ini adalah pengobatan lini pertama yang efektif karena garam membunuh bakteri dan air hangat, meredakan ketidaknyamanan dan mengurangi pembengkakan gusi. Ambil segelas air hangat, campurkan setengah sendok teh garam, lalu gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur.

2. Gunakan pasta bawang putih 

Tidak ada yang mau napas bau bawang putih, tetapi jika bisa meredakan sakit gigi, mengapa tidak?  Dikenal karena sifat antibakterinya, termasuk membunuh bakteri berbahaya penyebab plak gigi, bawang putih juga bertindak sebagai pereda nyeri. Hancurkan satu atau dua siung untuk membuat pasta dan oleskan pada area yang terkena dengan kapas. Menambahkan sejumput garam akan membantu mengurangi iritasi akibat infeksi.

3. Terapkan Kompres Dingin

Letakkan kompres es atau kompres dingin di pipi luar anak di dekat area sakit gigi. Ini membantu menghilangkan rasa sakit dengan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan dan peradangan. Tahan kompres di area yang nyeri selama 20 menit dan ulangi setiap beberapa jam.

4. Gunakan Kantung Teh Peppermint

Peppermint adalah pereda nyeri ramah untuk anak-anak. Kantung teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan membuat relaks gusi sensitif.  Yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan kantung teh peppermint yang baru digunakan ke dalam freezer selama beberapa menit. Kemudian letakkan di antara pipi dan gusi anak untuk meredakan sakit gigi.

5. Bilas dengan Hidrogen Peroksida Encer

Hidrogen peroksida adalah solusi efektif untuk sakit gigi kusam yang disebabkan oleh infeksi, tetapi bisa berbahaya jika tertelan. Buat campuran 3% dengan air dan gunakan sebagai obat kumur selama sekitar 30 detik. Setelah meludahkannya, mintalah anak berkumur beberapa kali dengan air biasa.

6. Gunakan Minyak Cengkeh

Cengkih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu melawan sakit gigi. Serta mengandung eugenol yang merupakan anestesi alami. Untuk meredakan sakit gigi, rendam bola kapas kecil dengan minyak cengkih dan oleskan di tempat yang sedang dirasakan anak. Anak juga dapat mengunyah satu siung utuh untuk melepaskan minyaknya dan menahannya selama 30 menit untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

7.  Lidah buaya Lidah buaya

Memiliki sifat antibakteri alami dan dapat membantu menghancurkan bakteri mulut penyebab kerusakan gigi. Untuk meredakan sakit gigi, oleskan gel lidah buaya ke area yang sakit dan pijat dengan lembut.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading