8 Cara Membesarkan Anak yang Tidak Manja dan Menghargai Kehidupan

Febi Anindya Kirana27 Jan 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 17:42 WIB
anak perempuan

Fimela.com, Jakarta Membesarkan dan mendidik anak pasti akan menjadi tantangan tersendiri untuk setiap orangtua, apalagi jika tujuannya adalah membesarkan anak yang tidak manja dan bisa menghargai kehidupan. Ini sekian tips parenting yang mungkin dibutuhkan setiap orangtua di luar sana.

1. Jangan ragu menolak

Menolak permintaan anak bukan berarti jahat padanya. Bedakan permintaan seperti apa yang pantas diizinkan dan mana yang tidak. Misalnya ia suka minta uang untuk membeli ini itu hanya untuk kesenangannya saja, tolak permintaannya dan jangan memanjakannya.

2. Ajarkan berterima kasih

Anak-anak harus tahu cara mengucapkan terima kasih dan mengatakan 'tolong' ketika meminta bantuan. Biasakan anak selalu mengatakan terima kasih setelah menerima sesuatu, setelah makan dan lain sebagainya agar ia pandai bersyukur dan menghargai orang lain.

3. Berkata-kata baik

Anak-anak mudah sekali meniru lingkungan di sekitarnya, entah itu baik atau pun buruk, begitu pula tentang tututr kata setiap hari. Sebisa mungkin ajarkan anak-anak untuk menggunakan kata-kata yang baik dan tunjukkan kata-kata seperti apa yang sebaiknya tidak ia katakan.

4. Bersikap sopan

ibu dan anak
ilustrasi ibu dan anak/Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Anak-anak juga perlu diajarkan sopan santun, khususnya kepada orang lain misalnya tersenyum dan menyapa saat bertemu dan berpapasan, terutama kepada yang lebih tua, dimulai dari kakak, ayah-ibu, nenek-kakek, atau tetangga di sekitar rumah.

5. Ajarkan beramal

Anak akan belajar tentang empati kepada orang lain dari berbagi dan memberi dengan sesamanya ketika orangtuanya memberikan contoh yang sama. Anak juga akan belajar menghargai barang yang dimilikinya karena tidak semua orang memiliki apa yang dimilikinya.

6. Biarkan ia terjatuh

Belajar tahan banting itu perlu sejak kecil. Hanya karena ia terjatuh, bukan berarti bisa mendramatisasi hal yang membuatnya sedikit sakit. Overprotektif itu tak baik, anak akan bersikap manja dan tak bisa mandiri.

7. Biasakan anak membantu pekerjaan rumah

Anak-anak juga perlu diajarkan tanggung jawab dan disiplin, misalnya menaruh sepatu di raknya, mencuci piring setelah makan dan merapikan tempat tidur setelah bangun. Ia akan belajar bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.

8. Kegagalan adalah pelajaran

Kegagalan justru menjadi ladang penting mengajarkan anak untuk tidak mudah menyerah dan berhenti berusaha. Tidak ada yang gratis dan instan di dunia ini, dan anak perlu tahu ia harus berusaha untuk mendapatkan sesuatu.

Memang sulit mendidik anak, namun sekian cara kunci di atas akan membuatmu menjadi orangtua yang akan disyukuri anak-anak kelak, Moms.

#ElevateWomen with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓