Rayakan Kebahagiaan, 7 Ide Kado untuk Bayi yang Baru Lahir

Fimela Editor24 Feb 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 18:30 WIB
bayi

Fimela.com, Jakarta Kelahiran bayi tentu menjadi momen yang dinanti-nantikan setiap orang. Apalagi jika hal tersebut dialami oleh sahabat atau saudara terdekat. Keinginan untuk mengunjungi bayi sembari memberikan sebuah kado tentu muncul ya.

Memberikan hadiah menjadi simbol suka cita akan datangnya sang malaikat kecil. Tak hanya itu, hadiah juga menjadi hal yang bermakna untuk ibu baru.

Namun, memilih hadiah yang tepat untuk bayi baru lahir bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan pertimbangan yang matang, terlebih mengenai nilai manfaat untuk ibu dan bayi.

Tentu akan sangat disayangkan, jika hadiah tersebut sampai tak terpakai atau mubazir. Nah, bagi Sahabat Fimela yang membutuhkan ide kado untuk bayi baru lahir, berikut ini sederet inspirasinya, dilansir Parenting First Cry.

1. Pakaian bayi

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam memberi kado tentu harus yang mempunyai nilai manfaat untuk si bayi. Karena itu, memilih pakaian sebagai hadiah menyambut kelahiran bayi bisa menjadi pilihan terbaik nih.

Namun, perlu diingat untuk menghindari pakaian dari bahan sintetis ya. Dilansir Baby med, serat sintetis bisa membuat kulit bayi yang sensitif menjadi sulit bernapas. Sehingga akhirnya menimbulkan iritasi dan ruam pada kulit bayi. Sebaliknya, pilihlah kain dengan bahan katun yang lebih lembut dan aman untuk si kecil.

2. Perlengkapan mandi

Kado Bayi
Kado Bayi | Unsplash- Jordan Nix

Ibu baru mungkin merasa cemas saat memandikan bayi mereka yang baru lahir. Oleh sebab itu, untuk membantu mereka memandikan bayi dengan mudah, berikan hadiah berupa perlengkapan mandi jenis portabel. Misalnya, bak mandi.

Bak mandi bisa menjadi alternati hadiah yang bagus untuk memudahkan mereka memandikan bayi lebih mudah dan praktis. Lengkapi juga dengan perlengkapan lainnya seperti sabun atau sampo bayi.

3. Foto album

Setiap orang tua baru pasti akan menyukai hadiah ini. Sebab, album foto tidak akan pernah lekang oleh waktu untuk menyimpan potret dan momen dalam hidup.

Memberi hadiah album foto bayi dapat membantu mereka mengabadikan momen pertumbuhan bayi mereka. Sehingga mereka bisa mengenang kembali momen-momen kebahagiaan saat menyambut kelahiran si kecil di kemudian hari. Mulai dari jejak kaki bayi mereka, detail pribadi seperti berat lahir, waktu lahir, dan lain sebagainya.

4. Peralatan menyusui

Perlatan menyusui tentu akan sangat diperlukan untuk ibu menyusui. Apalagi untuk ibu baru yang sebelumnya belum pernah memiliki peralatan menyusui.

Berikanlah peralatan menyusui seperti pompa ASI, kantong atau botol ASI, penghangat susu portable, dan lain sebagainya. Hadiah ini nantinya akan sangat berguna untuk sang ibu menyimpan susu atau membuat stok ASI untuk si kecil.

5. Diaper bag

Bagi para orang tua yang senang berpergian, hadiah diaper bag tentu sangat berguna untuk mereka. Tas ini dapat berfungsi untuk membantu membawa berbagai keperluan bayi saat berpergian.

Seperti di antaranya popok, tisu bayi, alalas bayi, pembersih dan lain sebagainya. Karena itu, diaper bag menjadi hadiah yang praktis untuk ibu baru.

Penulis: Hilda Irach

6. Mainan bayi

Bayi
Ilustrasi Bayi/ Daria Shevtsova from Pexels

Tak sedikit banyak orang yang berpikir memberikan mainan untuk bayi baru lahir akan mubazir. Pasalnya, mereka menilai bahwa bayi belum mengerti apapun, termasuk mainan.

Padahal, meski bayi terlihat lebih banyak diam, tak ada salahnya nih menyuguhkan mainan sejak dini untuk si kecil. Mainan tersebut tidak hanya untuk menghibur bayi, tetapi juga dapat merangsang motorik bayi.

"Bayi membutuhkan pengalaman sensorik di mana mereka bisa mewujudkan sesuatu. Dan mereka suka melakukan sesuatu berulang kali." kata Roberta Golinkoff, PhD, dari Sekolah Pendidikan Universitas Delaware, dikutip Webmd.

Karena itu, jangan ragu untuk memberikan hadiah mainan untuk bayi baru lahir. Sebisa mungkin pilihlah mainan yang mengeluarkan suara atau musik dengan desain warna-warni mencolok untuk menarik minat si bayi.

7. Hadiah DIY

Gunakanlah kreativitasmu untuk memberi hadiah dari buatan tangan. Misalnya, sweater, kaus kaki, selimut atau topi rajutan.

Tambahkan pula nama si kecil pada rajutanmu supaya memberikan kenangan untuknya ketika sudah dewasa nanti. Hadiah DIY atau do it your self ini bisa jadi kado yang unik sekaligus berkesan untuk ibu dan bayi nih.

 

Lanjutkan Membaca ↓