Sukses

Parenting

Panduan Jadwal Makan Bayi 7 Bulan yang Mudah Diikuti

Fimela.com, Jakarta Porsi makanan bayi 7 bulan yang dianjurkan adalah tiga sendok makan atau setengah mangkuk berukuran 250 ml. Sedangkan pemberian jadwal makan dapat dilakukan 2-3 kali sehari dan diselingi snack.

Di usia ini, waktu yang tepat bayi 7 bulan naik tekstur makanan dari puree menjadi lumat. Yang akan membuatnya mengunyah dan baik untuk stimulus rahang dan mulutnya.

Kesuksesan makan si kecil di usia berikutnya, bergantung pada jadwal yang dibiasakan sejak usia ini. Untuk itu, berikut jadwal makan anak 7 bulan yang direkomendasikan, melansir yourkidstable.com

6:30-7:00 AM: Bangun - Disusui atau minum susu botol saat bangun

7:30-8:00 AM: Sarapan, terdiri dari air, sekitar 1/4 cangkir berbagai makanan bayi buatan sendiri, dan makanan renyah yang dapat meleleh seperti puff atau makanan potong dadu yang lembut

09.00 AM: Tidur siang

11:00 AM: Menyusui

12:00 PM: Makan siang terdiri dari ari dan makanan yang telah dibuat dengan tekstur lumat.

13:00-14:00: Tidur siang

16:00-16:30:Menyusui

18:30-19:00: Makan malam, terdiri dari air, 1/4 cangkir berbagai makanan bayi buatan sendiri, dan makanan renyah yang dapat meleleh seperti wafer atau makanan potong dadu lembut.

19:00-19:30: ASI atau susu Formula

19:30: Mulai tidur malam

Makanan bayi 7 bulan

Berikut ini beberapa makanan yang disarankan untuk bayi 7 bulan

Ubi

Kaya akan vitamin C, E, serta beta-karoten, ubi juga sekaligus bisa dijadikan alternatif pengganti sumber karbohidrat, seperti kentang dan nasi.

Kacang polong

Jenis kacang yang satu ini merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin A, C, serta asam folat dan vitamin B lainnya.

Oat

Oat atau gandum dapat membantu menstabilkan kadar gula darah plus sumber energi pada bayi. Oat juga mengandung serat yang dapat menyehatkan usus.

Daging ayam

Ayam merupakan salah satu protein yang mudah didapat dan diolah, serta kaya akan protein dan vitamin B12. Daging ayam juga mengandung lemak yang dapat menjadi sumber energi dalam makanan bayi 7 bulan.

Daging merah

Protein ini mengandung zat besi yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, apalagi zat besi dari ASI tidak lagi mencukupi untuk anak yang sudah mulai MPASI.

Ikan

Ikan merupakan bahan makanan yang tinggi protein, namun juga rendah lemak. Daging ikan juga lebih lembut sehingga sangat tepat diperkenalkan pada bayi yang baru belajar mengunyah.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading