Screen Time Anak Jadi Aktivitas Positif dengan Teknologi Artificial Inteligence Bantu Belajar Baca dan Matematika

Anisha Saktian Putri25 Feb 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 09:00 WIB
Teknologi Artificial Inteligence membuat screen time lebih bermanfaat bagi anak/dok. Osmo

Fimela.com, Jakarta Ketika anak bermain gadget mereka terlalu fokus, sampai-sampai tidak bisa diganggu. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini anak-anak mau tidak mau menggunakan gadget untuk sekolah yang menambah durasi screen time.

Melihat permasalahan tersebut orangtua perlu mensiasatinya dengan menjadikan screen time lebih bermanfaat dengan memilih permainan yang dilengkapi Teknologi Artificial Inteligence (AI), seperti yang dilakukan Osmo.

Dian Asa Sinaga, selaku representatif dan exclusive distributor resmi Osmo di Indonesia mengatakan Osmo adalah suatu revolusi di dunia pendidikan anak-anak usia 3-12 tahun, yang mengintegrasikan AI dengan perangkat permainan fisik untuk dimainkan menggunakan tangan.

"Melalui penyampaian yang sederhana dan menyenangkan, Osmo menghadirkan edukasi kepada anak-anak dengan metode yang interaktif dan terbukti menjadi solusi teknologi yang bersahabat bagi anak-anak dan juga orangtua," ujar Dian.

AI sendiri menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak bisa mendapatkan stimulasi otak yang aktif, sekaligus mengasah otak kanan mereka untuk membangun critical thinking dan problem-solving skills. Serta menghadirkan materi untuk STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math), namun dikemas secara interactive dan menarik untuk anak-anak.

AI ini dapat membantu anak-anak untuk belajar membaca, mengenal suara (phonics), matematika, komunikasi, kewiraswastaan, kreatifitas, koordinasi motorik antara mata dan tangan, serta berbagai aspek edukasi lainnya.

Anak-anak tidak akan menatap layar gadget tanpa interaksi seperti menonton TV, ataupun bermain online games biasa. Sebaliknya, mereka akan belajar berpikir kreatif untuk menemukan solusi dalam sebuah permainan.

Satu hal lain yang tidak kalah penting, Osmo memperkuat bonding antara anak dengan orangtua karena interaksi dan komunikasi selama bermain dan belajar bersama.

Teknologi yang mendapat banyak penghargaan

Teknologi Artificial Inteligence membuat screen time lebih bermanfaat bagi anak/dok. Osmo
Teknologi Artificial Inteligence membuat screen time lebih bermanfaat bagi anak/dok. Osmo

Dian juga melanjutkan bahwa Osmo di desain oleh expert team dibawah pimpinan ex-Google engineers, Pramod Sharma dan Jerome Scholler, di Palo Alto, California dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Time Magazine sebagai Best Invention, terpilih menjadi Parents’ Choice Magazine’s Gold Award, penghargaan bergengsi dari Oppenheim Best Toy Platinum Award, dan Toy of the Year Award Finalist di Amerika Serikat.

Toko mainan paling terkenal di Inggris, Hamleys, juga menobatkan Osmo sebagai salah satu Top Toys for Christmas 2020. Serta mengadakan kolaborasi dengan perusahaan mainan terkemuka seperti Disney dan Mattel.

Sebagai informasi, Osmo juga telah dijual di lebih dari 40 negara dan di implementasi di lebih dari 31.000 kelas sedunia, serta digunakan oleh lebih dari 2.5 juta keluarga di seluruh dunia. Pada situs e-commerce Amazon.com dan Amazon.co.uk, Osmo telah menarik puluhan ribu customer reviews, semua dengan rating 4-5 bintang.

 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓