5 Urutan Membersihkan Botol Susu dan Cara Mensterilisasinya

Kezia Prasetya Christvidya27 Feb 2021, 16:35 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 16:35 WIB
Botol susu

Fimela.com, Jakarta Botol susu adalah peralatan minum untuk bayi, yang kebersihan harus dijaga dengan benar. Karena botol susu ini menempel di mulut bayi dan sangat berpengaruh dengan kesehatan bayi.

Mom harus membersihkan botol susu bayi dengan urutan yang tepat. Karena jika botol susu tidak bersih, bakteri dan kuman akan menempel di botol susu dan membahayakan kesehatan bayi, saat minum susu dengan botol yang kurang bersih.

Saat mensterilkan botol susu juga harus menggunakan cara yang tepat, agar tidak meningkatkan bahan kimia yang terdapat dalam botol susu. Untuk itu, berikut urutan membersihkan botol susu dan cara mensterilkan, dilansir dari berbagai sumber:

Kesalahan Saat Membersihkan Botol Susu

Mencuci Botol Susu Anak Tak Cukup Hanya dengan Sabun
Mencuci botol susu anak tak cukup hanya dengan membilasnya dengan sabun. Penggunaan alatsterilizer juga diperlukan.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan botol susu. Kesalahan yang sering dilakukan adalah lupa mencuci tangan, sebelum membersihkan botol susu. Hal ini bisa menyebabkan kuman yang ada di tangan, menempel di botol susu dan menyebabkan bayi sakit perut atau diare.

Kesalahan yang selanjutnya adalah tidak membersihkan botol susu dengan bersih. Padalah semua bagian botol susu harus dibersihkan dengan benar, seperti bagian dalam botol, karet pengencang botol, bagian untuk menyedot susu dan leher pada dot.

Terlalu lama merendam botol juga bisa menyebabkan kuman berkembang biak di dalam botol. Lalu menggunakan air panas saat mencuci botol susu, bisa meningkatkan bahan kimia di dalam botol susu.

Urutan Membersihkan Botol Susu

Membersihkan botol susu
Ilustrasi/copyrightshutterstock/PHENPHAYOM

1. Mencuci Tangan

Urutan pertama membersihkan botol susu adalah mencuci tangan terlebih dahulu. Gunakan sabun pencuci tangan dan air mengalir. Cucilah tanganmu selama 20 detik.

2. Rendam Botol

Kemudian rendam botol dalam air hangat dan sabun, dengan memisahkan bagian botol seperti botol, dot, katup botol dan tutup botol.

3. Gunakan Sikat Lembut

Saat mencuci botol, gunakan sikat yang lembut agar tidak melukai bagian dalam botol susu. Gosok setiap bagian botol susu dengan sabun cuci, usahakan sampai bawah agar benar-benar bersih.

4. Buang Air dari Lubang Dot

Setelah botol direndam dan cuci dengan sabun, kocok botol susu dengan air yang bersih, kemudian buang air melalui lubang dot, untuk memastikan semua bagian botol susu sudah bersih.

5. Keringkan dengan Handuk Lembut

Urutan yang terakhir adalah mengeringkan botol susu dengan handuk lembut. Pastikan semua bagian botol dalam kondisi yang kering, untuk menghindari tumbuhnya jamur di dalam botol dan menghindari bau tidak sedap.

Cara Mensterilkan Botol Susu

sterilisasi botol susu bayi
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Rostislav_Sedlacek

1. Cara Mensterilkan dengan Mendidihkan Air

Cara pertama mensterilkan botol susu, adalah dengan mendidihkan botol susu dengan air mendidih. Masukkan botol susu dan tambahkan air. Biarkan air mendidih dan rebus selama 5 menit. Setelah itu simpan botol di tempat yang tidak lembap.

2. Cara Mensterilkan dengan Microwave

Botol yang sudah dicuci bisa dimasukkan ke dalam microwave, dengan posisi botol menghadap ke bawah. Kemudian baca instruksi yang terdapat di dalam mesin sterilisasi, dan biarkan botol berada di dalam mesin tersebut hingga botol susu digunakan.

Lanjutkan Membaca ↓