Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dipersiapkan

Anisha Saktian Putri03 Mar 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 16:00 WIB
Peralatan bayi baru lahir

Fimela.com, Jakarta Momen menunggu lahirnya sang buah hati memang harap-harap cemas namun tetap bahagia. Senyumannya yang sudah dirindukan sejak di dalam kandungan akan benar-benar dilihat ketika bayi hadir di dunia.

Selama menunggu hari bahagia tersebut, orangtua dapat mempersiapkan segala kebutuhan si kecil. Jangan lupa buat daftar di buku atau ponsel agar tidak ada yang terlewatkan.

Berikut ini beberapa peralatan bayi yang wajib disediakan ketika baru lahir.

1. Pakaian, Kain, Perlak, Seprai dan Selimut Bayi

Meskipun mungkin ingin beberapa pakaian lucu untuk menunjukkan penampilan si kecil, namun sebaiknya tetap berpegang pada pakaian sederhana, polos, dan ramah anggaran tidak masalah.

Sebaiknya jangan membeli terlalu banyak pakaian baru lahir karena bayi akan tumbuh lebih besar dengan kecepatan kilat.

Pakaian lembut untuk bayi, sediakan pakaian lengan pendek dan panjang. Atau bisa juga Jumper. Celana pendek dan panjang, kaus kaki dengan bahan yang nyaman, sarung tangan, bib dan topi bayi.

Seprai dan selimut adalah hal yang wajib dipersiapkan apalagi saat kamar bayi dilengkapi pendingin ruangan. Perlak atau alas tahan air ini akan berguna sebagai alas kasur bayi untuk menghindari air seni bayi mengenai kasur langsung saat tidak memakai popok sekali pakai. Alasi lagi bagian atasnya dengan kain tipis seperti kain untuk membedong tersebut agar kulit bayi tetap nyaman.

2. Popok

Beli popok, bisa kain atau sekali pakai. Namun pastikan bahan popok tidak membuat iritasi. Jangan lupa untuk membeli krim ruam popok.

3. Perlengkapan mandi

Handuk khusus bayi yang memiliki penutup kepala, spons bayi, sabun, lotion, shampo, dan bak mandi bayi wajib dipersiapkan. Perlu diingat, memilih produk bayi harus khusus untuk bayi. Karena kulit bayi masih sensitif.

4. Perlengkapan Tidur

Bayi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jika ingin mempersiapkan ranjang sendiri untuk bayi, mulailah mencari rekomendasi baby crib yang sesuai dengan kebutuhan. Perlengkapan tidur lain yang harus dilengkapi seperti bantal dan guling yang sesuai ukuran bayi, selimut yang nyaman, serta kelambu untuk melindunginya dari gigitan nyamuk di malam hari.

5.  Persedian makanan

Perlengkapan yang satu ini penting buat memastikan ketersediaan ASI, terutama bagi ibu bekerja. Nah, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli pompa ASI. Mulai dari pastikan harganya sesuai dengan budget, perhatikan model corong agar pas dengan ukuran payudara, dan cek menu apa saja yang ada pada pompa ASI tersebut untuk membantu memompa ASI lebih lancar.

Walau pun ASI, ada hal yang perlu disiapkan seperti bantalan menyusui, pompa ASI, botol ASI, hingga sikat botol juga harus dimiliki. Alat penghangat susu, plastik ASI untk menyimpan ASIP juga jangan ketinggalan ya.

6.  Kebersihan

Belilha tisu basah multiguna, tanpa alkohol dan bebas paraben yang aman untuk kulit bayi.

Membersihkan botol dan peralatan bayi lainnya menggunakan sterilizer, proses sterilisasi membantu mencegah penyebaran bakteri atau kuman saat menyusui bayi, karena ia belum mengembangkan system kekebalan tubuhnya.

7.  Perlengkapan lainnya

Hal yang dibutuhkan lainnya misalnya, gendongan bayi senyamannya, stroller bayi, kaca mata untuk anak berjemur, hingga kursi khusus bayi di mobil. Terutama bila bayi akan kerap pergi bersama ibu setiap saat.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓