4 Tips Mengatasi Bayi yang Sering Terbangun di Malam Hari

Baiq Nurul Nahdiat03 Mar 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 18:45 WIB
Bayi Mengantuk

Fimela.com, Jakarta Bayi baru lahir akan mengalami kesulitan membedakan antara siang dan malam, sehingga menyebabkannya sering terbangun dan menangis pada malam hari. Tetapi begitu bayi berusia beberapa minggu, orangtua dapat mulai mengajarinya secara perlahan perbedaan waktu dan menerapkan pola tidur yang baik bagi bayi.

Nah, berikut ini adalah tips bagi orangtua yang kesulitan menidurkan bayi karena sering terbangun pada malam hari. Seperti apa tipsnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Letakkan Bayi saat Mengantuk, Bukan setelah Tertidur

Ini adalah tugas yang sulit, terutama bagi ibu menyusui, tetapi kuasai waktunya dan bayi akan lebih mudah beristirahat. Bayi yang tertidur sendiri lebih cenderung belajar menenangkan diri untuk tidurCobalah untuk menidurkan bayi saat ia sedang tenang, tepat sebelum ia tertidur. Hal ini jika terus dilakukan akan membuat bayi menjadi terbiasa.

 

Tunggulah Beberapa Saat jika Bayi Terbangun

Bayi rewel di malam hari
Ilustrasi bayi rewel di malam hari | pexels.com/@laura-garcia-1667452

Saat bayi terbangun atau menunjukkan bahwa ia akan terbangun, maka jangan langsung menuju ke arahnya. Hal ini justru akan membuatnya semakin sering terbangun saat ia tidur. Tunggulah beberapa menit untuk memberinya waktu untuk kembali tidur sendiri. Jika tidak, dan sepertinya dia bangun, cobalah untuk membuatnya tertidur dengan menepuk punggung atau memberikan sentuhan lembut di kepala, sebelum bayi terbangun dan menangis.

Jangan Melakukan Kontak Mata

Banyak bayi yang mudah terstimulasi, bahkan dengan menatap mata bayi dapat menarik perhatiannya. Orang tua yang melakukan kontak mata dengan bayi yang mengantuk secara tidak sengaja mendorong mereka untuk keluar dari zona tidur mereka. Jadi, semakin banyak interaksi yang terjadi antara orangtua dan bayi di malam hari akan semakin sulit untuk membuatnya tertidur.

Jadi apabila bayi terbangun di malam hari, jangan melakukan kontak mata, berbicara dengan bersemangat, atau menyanyikan lagu favoritnya. Usahakan untuk memandang pada bagian perutnya dan usap punggungnya hingga tertidur dengan suara yang tenang dan sentuhan lembut.

Menyusui pada Waktu Malam Hari

bayi menangis
Ilustrasi bayi menangis./Copyright shutterstock.com/g/chomnancoffee

Jika bayi sulit tidur, membantunya tertidur untuk menyusui pada larut malam (misalnya, antara pukul 22.00 dan tengah malam) dapat membantunya tidur lebih lama. Jaga agar lampu tetap redup dan angkatlah bayi dengan lembut dari tempat tidurnya. Buatlah ia tetap tenang selama menyusui sampai ia selesai. Setelah itu letakkan bayi di tempat tidur, maka ia akan tertidur lebih lama karena perutnya sudah terisi penuh.

Demikianlah beberapa solusi untuk mengatasi bayi yang sering terbangun di malam hari. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓