Sukses

Parenting

Yuk, Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini dengan 5 Tips Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Menabung adalah kebiasaan yang membutuhkan waktu lama dan mungkin akan sulit dilakukan anak-anak dan bahkan beberapa orang dewasa juga belum menguasainya. Menurut survei yang dilakukan Bankrate, sekitar 28%, tidak memiliki tabungan yang disisihkan untuk menutupi biaya darurat. Mengingat hal ini mungkin orangtua akan bisa memotivasi anak untuk menabung sejak dini agar terbiasa hingga ia dewasa.

Berikut adalah beberapa tips untuk membiasakan anak-anak menabung sejak dini. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Diskusikan Keinginan dan Kebutuhan

Langkah pertama dalam mengajari anak-anak nilai menabung adalah membantu mereka membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jelaskan bahwa kebutuhan mencakup hal-hal mendasar, seperti makanan, tempat berteduh, dan pakaian, dan keinginan adalah tambahannya.

Berikan gambaran, mereka dapat menggunakan anggaran sendiri untuk memnuhi kebutuhan dan keinginan, dan ajarkan bagaimana mereka harus mengatur pengeluaran.

Tetapkan Target Tabungan

Bagi seorang anak jika disuruh menabung tanpa menjelaskan alasannya, mungkin akan sulit untuk merealisasikannya. Membantu anak-anak menentukan tujuan menabung bisa menjadi cara yang lebih baik untuk membuat mereka termotivasi.

Jika mereka tahu untuk apa mereka menabung, misalnya untuk membeli sepatu baru, maka bantulah mereka mereka mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut, berdasarkan tingkat tabungan mereka.

Memberikan Celengan

Memberikan celangan pada anak adalah ide yang bagus, usahakan untuk memberikan celengan dar bahan kaca, seperti toples bening agar memberikan visualisasi kepada anak-anak.

Saat anak menyimpan uangnya dengan wadah toples bening, mereka melihat uang bertambah dan akan semakin memotivasi mereka untuk menabung. Bicarakanlah hal ini dengan mereka dan buat kesepakatan bahwa menabung semakin banyak akan memberikan hasil yang semakin besar.

Mintalah Anak untuk Mencatat Pengeluaran

Bagian dari menjadi penabung yang lebih baik berarti mengetahui ke mana perginya uang yang digunakan setiap harinya. Jika anak mendapat uang saku, meminta mereka mencatat pembelian mereka setiap hari dan menjumlahkannya di akhir minggu bisa menjadi pengalaman yang membuka mata mereka.

Dorong mereka untuk memikirkan tentang bagaimana mereka membelanjakan dan seberapa cepat mereka dapat mencapai sasaran tabungan mereka jika mereka mengubah pola pengeluaran mereka.

Menjelaskan Keuntungan

Menjelaskan pada anak tentang keuntungan dari menabung bisa mendorong mereka untuk tidak membelanjakan uangnya sembarangan dan menyisihkan lebih banyak untuk tabungan.

Misalnya menabung dapat membuat kehidupan menjadi lebih sejahtera dan jauh dari kesulitan keuangan jika menghadapinya di masa depan. Manfaat menabung juga tidak hanya dirasakan dalam jangka pendek saja namun dalam jangka panjang.

Demikianlah beberapa tips untuk membiasakan anak-anak menabung sejak dini. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading