Sukses

Parenting

Rekomendasi Platform Media Digital dengan Cerita Dongeng yang Seru untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Sejak dahulu, bercerita atau mendongeng menjadi kebiasan yang lazim dilakukan orangtua kepada anaknya. Aktivitas ini merupakan salah satu cara orangtua mengajarkan anak tentang nilai dan budaya secara turun temurun lewat cerita rakyat.

Bahkan, banyak sisi positif atau nilai kehidupan yang biasanya ada di dalam cerita dongeng. Jika biasanya mendongeng menggunakan sebuah buku, kini di era digital teknologi hadir sebagai wadah yang dapat mengedukasi serta menginspirasi untuk setiap generasi dalam mengakses dongeng di ruang digital.

Memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, mari kita simak beragam cara juga alat yang tersedia untuk membantu kita meningkatkan semangat mendongeng bagi keluarga dan seluruh khalayak kapanpun dan dimanapun.

1. YouTube

Membacakan cerita rakyat telah menjadi tradisi bagi orangtua Indonesia saat menemani anak tidur. Bawang Merah dan Bawang Putih dari Riau, Malin Kundang dari Sumatra Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, dan berbagai cerita lain masih sangat lekat dalam ingatan kita. Cerita rakyat tidak terpisahkan dari budaya dan tradisi Indonesia karena masing-masing mengandung pesan yang perlu diajarkan dan diwariskan ke generasi berikutnya.

Akan tetapi, beberapa cerita mulai dilupakan seiring waktu. Inilah motivasi di balik pembuatan seri YouTube berjudul “Dongeng, Yuk !”, yang ingin menghidupkan kembali keajaiban cerita rakyat dan dongeng yang telah terlupakan melalui YouTube dan YouTube Kids bagi setiap orang Indonesia dan siapa pun di dunia.

Bersama Ayo Dongeng Indonesia, inisiatif ini menyajikan 34 cerita rakyat dari 34 provinsi di Indonesia yang dipublikasikan melalui channel YouTube Google Indonesia. Sejumlah tokoh berpengaruh diundang untuk berpartisipasi dalam inisiatif ini, seperti Najwa Shihab (Duta Baca Nasional), Chelsea Islan, Novita Angie, Moonella dan Ibu, serta kreator konten YouTube Duo Harbatah, channel Kok Bisa?, dan masih banyak lagi.

Asisten Google

Menggunakan suara untuk membantu mengakses dongeng dengan perintahkan Google saja. 

Ada banyak cara yang Asisten Google dapat bantu. Temukan cerita dan hiburan pendek, cukup dengan bicara atau ketik kalimat seperti “Cerita sebelum tidur”, “Bacakan cerita pengantar tidur”, “Aku pengen dengar dongeng sebelum tidur” hingga “Cerita seram” !

Ada begitu banyak nilai-nilai kebaikan yang dapat dipetik dari cerita rakyat serta dongeng Indonesia. Ayo terus lestarikan warisan budaya Indonesia, mari bersama-sama kita teruskan kebiasaan berdongeng kembali ya!

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading